Dark/Light Mode

Wapres Kawal Langsung Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Papua

Senin, 9 Oktober 2023 13:30 WIB
Juru Bicara Wapres, KH. Masduki Baidlowi. Foto: Istimewa
Juru Bicara Wapres, KH. Masduki Baidlowi. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin yang juga selaku Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) didampingi Hj. Wury Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja di Provinsi Papua, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Selatan yang digelar medio 9-13 Oktober 2023.

Pada kunjungan kali ini Wapres akan memastikan percepatan pembangunan otonomi khusus Papua tetap dalam komitmen perlindungan hak asasi manusia, khususnya bagi Orang Asli Papua (OAP).

"Selain itu, Wapres juga akan berfokus pada sektor pendekatan keamanan dan juga mendorong program Desain Besar Olahraga Nasional dapat diimplementasikan oleh para atlet, tokoh, dan masyarakat Papua," ujar Juru Bicara Wapres, KH Masduki Baidlowi, dalam keterangannya kepada RM.id, Senin (9/10).

Baca juga : Andika Perkasa: Pembangunan Desa Modal Perkuat Ketahanan Nasional

Masduki menjelaskan, Wapres menggunakan Pesawat Kepresidenan TNI AU Boeing 737-400, dan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menuju Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Tengah, Senin (9/10).

Di Kota Makassar, Wapres akan singgah sejenak untuk menyaksikan groundbreaking pembangunan Masjid Andi Amran Sulaeman dan Peletakan Batu Pertama Rumah Sakit Internasional Andi Amran Sulaeman.

Setelahnya, Wapres melanjutkan penerbangan menuju Bandar Udara Sentani Jayapura, Provinsi Papua. Keesokan harinya, Selasa (10/10), Wapres akan memusatkan kegiatan perkantoran di Kantor Gubernur Papua dengan sejumlah agenda.

Baca juga : Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Bank DKI Jadi BPD Terbaik

"Seperti menerima audiensi dari para tokoh pegiat kemanusiaan HAM dan Perdamaian; menerima para pimpinan pengusaha asli Papua; serta memimpin Rapat Koordinasi BP3OKP terkait Keterpaduan Pendekatan Keamanan dan Kesejahteraan di Papua," rincinya.

Di hari berikutnya, Rabu (11/10), Wapres akan melakukan sejumlah agenda di Stadion Utama Papua Bangkit, Jayapura, Papua. Wapres dijadwalkan akan melakukan peninjauan di sekitar stadion, menerima para tokoh olahraga, serta akan menghadiri penyerahan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Selanjutnya, di hari keempat usai dari Jayapura, Papua, Wapres melanjutkan agenda kunjungan kerjanya bertolak menuju Bandar Udara Wamena, Provinsi Papua Pegunungan, menggunakan Pesawat Hercules VIP, Kamis (12/10).

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Dukung Pengembangan Bakat Perempuan Milenial Di Surabaya

Di Provinsi Indonesia ke-38 ini, Wapres akan menghadiri Peletakan Batu Pertama Sarana dan Prasarana Provinsi Papua Pegunungan serta bertemu dengan jajaran Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan, para Bupati Papua Pegunungan, serta tokoh masyarakat di Papua Pegunungan.

Di hari yang sama, Wapres akan melanjutkan penerbangan menuju Bandar Udara Mopah, Merauke, Provinsi Papua Selatan untuk melakukan Penandatanganan Prasasti Peletakan Batu Pertama Sarana dan Prasarana Kantor Pemerintahan Provinsi Papua Selatan. Wapres dijadwalkan kembali tiba di Jakarta pada Jumat (13/10).

"Keseluruhan rangkaian kunjungan kerja Wapres kali ini merupakan wujud nyata komitmen Wapres dalam fokusnya membantu kinerja Presiden Joko Widodo menyiapkan peninggalan terbaik, utamanya untuk generasi muda Orang Asli Papua. Selain itu, Wapres juga berupaya memperkuat keselarasan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan tokoh adat, khususnya menjelang Pemilu 2024, serta memastikan fungsi pelayanan publik dapat berjalan secara efektif dan berintegritas," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.