Dark/Light Mode

Gandeng eFishery, Kemenkop UKM Luncurkan Koperasi Multi Pihak Digitalisasi Petambak

Rabu, 11 Oktober 2023 21:34 WIB
Menkop UKM Teten Masduki meluncurkan koperasi ekosistem digital pertama di Indonesia bernama Koperasi Multi Pihak KMP Tumbuh Bersama Pembudidaya Koperasi (TBP), Rabu (11/10). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki meluncurkan koperasi ekosistem digital pertama di Indonesia bernama Koperasi Multi Pihak KMP Tumbuh Bersama Pembudidaya Koperasi (TBP), Rabu (11/10). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bersama platform unicorn eFishery, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki meluncurkan koperasi ekosistem digital pertama di Indonesia bernama Koperasi Multi Pihak (KMP) Tumbuh Bersama Pembudidaya (Koperasi TBP) yang tergabung dalam ekosistem digital (platform).

KMP menjadi ekosistem yang mencakup investor, funder, partners (suplier, agen pakan, pabrik pakan, dan sebagainya), buyer, eFisherian, hingga para petambak dan pembudidaya ikan dan udang.

Baca juga : Smelter Akan Beroperasi Penuh di 2024, IMA Dukung Pemerintah Hilirisasi Tambang

"Dari suatu kegiatan ekonomi yang melibatkan banyak pihak, memang paling cocok digunakan Koperasi Multi Pihak. Sehingga, sirkular ekonomi akan lebih optimum dimanfaatkan untuk memperbesar seluruh pihak yang terlibat dalam bisnis ini," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (11/10).

Teten menegaskan, pihaknya akan terus mendukung perkuatan ekosistem sektor produksi perikanan di eFishery, karena melibatkan para petambak kecil dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga : Kapolri Luncurkan Aplikasi Montir Presisi Yang Digagas Difabel

"Dengan aplikasi digital, eFishery bisa mengonsolidasi dan mengagregasi produk, menghubungkan ke market, hingga ke pembiayaan," ujarnya.

Indonesia tegasnya, harus lebih banyak melakukan transformasi digital di sektor produksi.

Baca juga : Selamatkan Sawit, Kementan Terjun Padamkan Kebakaran Lahan Di Kalsel

Di sektor ini kita memiliki keunggulan domestik, dan eFishery jangan bermain hanya di level nasional saja, tapi harus menjadi pemain dunia untuk udang dan ikan air tawar lainnya.

Dengan teknologi digital, bukan tidak mungkin bagi eFishery untuk melakukan penetrasi di luar Indonesia. Terlebih lagi, Indonesia mempunyai skema pembiayaan melalui KUR Kluster dan pembiayaan koperasi yang bisa dikombinasikan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.