Dark/Light Mode

Gandeng BerdayaBareng, Kedubes Inggris Gelar Pelatihan Digital Bagi 700 Pemuda

Minggu, 17 September 2023 20:54 WIB
Kedutaan Besar Inggris menggandeng BerdayaBareng menyelenggarakan pelatihan literasi digital dan keuangan. (Foto: Istimewa)
Kedutaan Besar Inggris menggandeng BerdayaBareng menyelenggarakan pelatihan literasi digital dan keuangan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Inggris menggandeng BerdayaBareng menyelenggarakan pelatihan literasi digital dan keuangan.

Pelatihan ini merupakan seri kedua yang digelar pada 4-15 September 2023 di tujuh kota di wilayah Indonesia Timur antara lain Makassar, Gowa, Maros, Kendari, Manado, Samarinda, dan Balikpapan.

Untuk diketahui, Pemerintah Inggris menyediakan dana sebesar Rp 3,7 miliar untuk mendukung proyek Kewirausahaan Digital dan Kreatif untuk Masyarakat Terpinggirkan ini melalui Program Akses Digital (DAP).

Tujuannya untuk mempromosikan akses digital yang berkelanjutan, aman, dan inklusif bagi masyarakat terpinggirkan di Indonesia.

Co-Founder BerdayaBareng Nicky Clara mengatakan, ini adalah tahun kedua kemitraan dengan Program Akses Digital Inggris.

Menurut Nicky, tahun ini BerdayaBareng akan menjangkau lebih banyak penerima manfaat di kota-kota di seluruh Indonesia Timur.

Baca juga : Gandeng Perancang Tenar Asal Inggris, Uniqlo Luncurkan Di Koleksi UNICLO :C

"Kami berharap proyek ini akan meningkatkan tingkat literasi digital dan keuangan di Indonesia Timur, dan membuat komunitas yang tinggal serta bekerja di sana menjadi lebih inklusif," kata Nicky dalam keterangan resminya, Minggu (17/9).

Selain itu, kata Nicky, lewat program ini akan menciptakan lebih banyak pahlawan lokal yang dapat mempengaruhi komunitas, sehingga dapat mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan bersama.

Untuk diketahui, program ini telah melatih 792 peserta dan 23 fasilitator lokal, yang semuanya memiliki latar belakang pendidikan dan keahlian beragam.

Proyek ini secara khusus menargetkan perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas dengan berbagai jenis, termasuk disabilitas sensorik, fisik, intelektual, dan mental.

Para peserta terlibat dalam tiga tahap pelatihan, dengan tahap pertama selesai pada Agustus 2023 menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) melalui setaraberdaya.com.

Tahap kedua pelatihan offline telah berlangsung dari 4-15 September 2023 mencakup pelatihan literasi digital, keterampilan digital, dan literasi keuangan.

Baca juga : Federasi Bola Voli International Gelar Kursus Pelatih Di Sentul

Tahap terakhir akan menjadi bootcamp online yang dimulai pada Oktober 2023, mencakup pelatihan keterampilan digital untuk pembuatan konten, pemasaran digital, dan pengembangan web.

Setelah seluruh pelatihan selesai, peserta akan diperlengkapi dengan teori dan praktik keterampilan digital terkini, termasuk branding, konten, dan desain, serta pemahaman yang lebih baik tentang budaya digital dan pentingnya keamanan siber yang baik.

Saat ini Indonesia Timur menghadapi tantangan besar terkait adopsi teknologi digital.

Selama pandemi Covid-19, masyarakat perlu mengakses internet dan menggunakan platform digital untuk mendukung pendidikan dan kehidupan mereka, termasuk mengakses kelas, materi, komunikasi, dan peluang pekerjaan.

Namun, peningkatan penggunaan solusi berbasis digital untuk mendukung kehidupan sehari-hari menyebabkan peningkatan kejahatan online, termasuk penipuan dan kekerasan berbasis gender.

Keterampilan literasi digital dan kebersihan siber sangat penting bagi mereka yang ingin menggunakan teknologi digital dengan aman dan produktif.

Baca juga : Rapatkan Barisan, NasDem Dan PKB DKI Jakarta Gelar Istigosah Dan Doa Bersama

Orang yang memiliki keterampilan digital dianggap lebih inovatif dan kreatif, sehingga meningkatkan peluang mereka dalam persaingan di pasar kerja dan bisnis.

Pengetahuan tentang pengelolaan keuangan, biasanya disebut sebagai literasi keuangan, membantu individu merencanakan dan mengelola keuangan mereka.

Hal ini memungkinkan mereka untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital, seperti aplikasi perbankan dan platform investasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.