Dark/Light Mode

Usung Teknologi Low Energy, Pupuk Indonesia Bakal Bangun Pabrik PUSRI-IIIB di Palembang

Sabtu, 14 Oktober 2023 08:48 WIB
Pupuk Indonesia menandatangani perjanjian kredit pendanaan dan EPC untuk membangun pabrik pupuk Pusri-IIIB, berlokasi di Palembang, Jumat (13/10). (Foto: Humas Pupuk Indonesia)
Pupuk Indonesia menandatangani perjanjian kredit pendanaan dan EPC untuk membangun pabrik pupuk Pusri-IIIB, berlokasi di Palembang, Jumat (13/10). (Foto: Humas Pupuk Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Indonesia (Persero) baru saja melakukan penandatanganan perjanjian kredit pendanaan dan Engineering Procurement Construction (EPC) untuk membangun pabrik pupuk Pusri-IIIB, berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan.

Penandatanganan ini dilakukan Direktur Utama PT Pusri Palembang Tri Wahyudi Saleh, disaksikan Wakil Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Kartika Wirjoatmodjo dan Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Rahmad Pribadi.

Baca juga : Cek Sejumlah Kios, Pupuk Indonesia Pastikan Stok Pupuk Subdisi & Komersil Aman

Sementara dari pihak Bank diwakili Direktur Enterprise & Commercial Banking BNI Sis Apik Wijayanto dan Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Susana Indah K. Indriati.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyambut baik, pembangunan pabrik Pusri III-B yang menggunakan teknologi low energy (rendah energi). Sehingga, menggantikan pabrik yang sudah kurang efisien dalam penggunaan energi dan ramah lingkungan.

Baca juga : Aplikasi i-Pubers, Pupuk Indonesia Siap Tingkatkan Pelayanan Petani Nasional

“Pabrik Pusri III-B diharapkan dapat menurunkan konsumsi bahan baku, yaitu gas sebesar 13 MMBTU per ton atau setara penghematan hingga Rp 1,1 triliun per tahun dari biaya gas," ujar Tiko, sapaan akrab Kartika, di Jakarta, Jumat (13/10).

Menurut Tiko, teknologi low energi pabrik Pusri III-B dapat meningkatkan Competitiveness produk Pupuk Indonesia (PI) Grup dan tata kelola industri pupuk nasional.

Baca juga : Dubes Jerman Untuk Indonesia Ina Lepel Kenang Kunjungan Jokowi Ke Jerman

Hal ini juga berdampak positif, pada kinerja perusahaan dan menjadi modal menuju go global.

Mantan bos Bank Mandiri ini meminta, agar pembangunan pabrik Pusri III-B dilaksanakan sesuai target.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.