Dark/Light Mode

KUR Tembus Rp 20,52 Triliun

Bank Mandiri Siap Salurkan Kredit Bunga Murah UMKM

Minggu, 15 Oktober 2023 07:20 WIB
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (Foto: Antara)
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Dia memgakui, kredit untuk UMKM ini memang tidak akan persis sama bunganya dengan Pemerintah, yang sebesar 6 per­sen. Tetapi kemungkinan Bank Mandiri memberikan bunga kredit yang hampir sama KUR.

“Kami ingin masyarakat tak lagi hanya mengandalkan KUR, tapi juga naik kelas dengan meraih kredit yang lebih tinggi,” sebutnya.

Baca juga : Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 996,87 Triliun Per Agustus 2023

Lebih jauh Ashraf merinci, sektor pertanian telah menyerap 32,59 persen KUR Bank Man­diri atau sebesar Rp 6,87 triliun. Disusul sektor Jasa Produksi dan industri pengolahan, yang mas­ing-masing menyumbang 20,17 persen dan 7,33 persen dari total realisasi KUR perseroan.

Ashraf mengatakan, selain penyaluran KUR yang terus ditingkatkan, Bank Mandiri juga konsisten menjaga posisi ra­sio Non Performing Loan (NPL) KUR berada di level terjaga. Tercatat sampai Agustus 2023, rasio NPL KUR Bank Mandiri terjaga di level 1,18 persen.

Baca juga : MotoGP Mandalika 2022 Raih Rp 4,5 Triliun, Tahun Ini Diharapkan Lebih

Tidak hanya di kota besar, lanjut Ashraf, Bank Mandiri juga gaspol penyaluran KUR di wilayah-wilayah. Salah satunya di Region I (Sumatera I), dengan realisasi KUR sebesar Rp 2,27 triliun kepada lebih dari 20 ribu debitur.

Pihaknya melihat saat ini per­ekonomian masyarakat menun­jukkan perbaikan dan terus me­ningkat. Karena itu dia berharap, tren ini dapat terus berkembang, sehingga memberikan dampak positif pada sektor usaha lainnya.

Baca juga : Asian Games 2022, Garuda Muda Siap Lawan Uzbekistan

“Seperti pariwisata dan sektor produksi yang menjadi keung­gulan wilayah Sumatera Utara,” katanya.

Pihaknya optimistis, dengan optimalisasi bisnis didukung oleh layanan digital yang mum­puni, akan mempercepat penya­luran KUR Bank Mandiri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.