Dark/Light Mode

Perkuat Pasar Jawa Tengah, Indocement Akuisisi Semen Grobogan

Selasa, 17 Oktober 2023 21:12 WIB
Indocement menandatangani perjanjian untuk mengambil alih seluruh saham di PT Semen Grobogan. (Ilustrasi Istimewa)
Indocement menandatangani perjanjian untuk mengambil alih seluruh saham di PT Semen Grobogan. (Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) bersama PT Dian Abadi Perkasa (anak perusahaan yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Indocement) menandatangani perjanjian untuk mengambil alih seluruh saham di PT Semen Grobogan.

Semen Grobogan merupakan pabrik semen yang berlokasi di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah yang memiliki kapasitas produksi sebesar 1,8 juta ton clinker dan 2,5 juta ton semen per tahun dengan persediaan bahan baku untuk 50 tahun ke depan. Semen Grobogan memulai produksi komersial pada Januari 2022.

Baca juga : Gerindra Bikin Posko Di Semua Kelurahan

Terkait pengalihan seluruh saham atau akuisisi Semen Grobogan, Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya mengatakan, transaksi jual beli saham akan berlaku efektif saat seluruh pihak memenuhi syarat dan kondisi yang ditentukan dalam perjanjian tersebut, diharapkan pada 1 Desember 2023.

Menurutnya, para pihak telah sepakat untuk tidak mempublikasikan nilai transaksi penjualan saham.

Baca juga : Kementan Dorong Akselerasi Gerakan Swasembada Gula

”Pembelian 100 persen saham pada Semen Grobogan, akan memperkuat posisi Indocement khususnya di pasar Jawa Tengah, serta meningkatkan efisiensi biaya logistik, mengingat lokasi Pabrik Semen Grobogan yang strategis,” tegasnya dalam keterangan resmi, Selasa (17/10).

Christian mengaku optimistis, menyambut banyak proyek strategis nasional yang akan dikembangkan di daerah Jawa Tengah antara lain jalan tol Solo-Yogyakarta, Yogyakarta-Bawen, dan Semarang-Demak serta Kawasan Industri Batang dan Daerah Ekonomi Khusus Kendal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.