Dark/Light Mode

Bawa 30 UMKM Binaan ke Trade Expo Indonesia 2023, Pertamina Bagi Ilmu Perdagangan Ekspor

Rabu, 18 Oktober 2023 08:43 WIB
Bawa 30 UMKM Binaan ke Trade Expo Indonesia 2023, Pertamina Bagi Ilmu Perdagangan Ekspor

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) memberikan pelatihan perdagangan ekspor kepada 30 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan terpilih di Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP), Kementerian Perdagangan RI.

30 UMKM terpilih ini telah lulus UMK Academy Pertamina kategori 'Go Online' dan 'Go Global'.

Pelatihan menjadi langkah persiapan UMKM untuk mengikuti pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2023, yang akan digelar selama 18-22 Oktober 2023 di ICE-BSD Tangerang, Jakarta.

Baca juga : Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Pertamina Boyong 50 UMKM Ke Mandalika

Program pelatihan perdagangan ekspor ini dilakukan secara offline dan intensif selama 3 hari di mana para peserta dipersiapkan dalam mengikuti pameran dagang bisnis (B-to-B) terbesar berskala internasional, TEI 2023.

Pelatihan ini merupakan kolaborasi antara PT Pertamina (Persero) dengan Kementerian Perdagangan, sebagai tindak lanjut dari kerja sama dalam mendukung UMKM yang siap ekspor.

“Kami membuat kurikulum khusus, padat, lengkap dan diharapkan dapat menjadi bekal bagi UMKM yang akan masuk ke pasar ekspor. Selama 3 hari pelatihan, peserta tidak hanya diberikan teori, tapi juga simulasi praktik proses ekspor produk mulai dari sisi dokumen, kepabeanan, prosedur pengiriman produk, hingga mengawal sampai transaksi masuk ke rekening bank eksportir. Yang terpenting saat terjun ke pasar global adalah komitmen, sebagai modal untuk membangun kepercayaan buyer agar transaksi bisa berjalan dalam jangka panjang,” kata Sugih Rahmansyah Kepala Pusat Pelatihan SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan.

Baca juga : Shopee Indonesia Stop Penjualan Barang Impor

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan 30 UMKM terpilih ini mendapatkan manfaat yang besar dari pelatihan perdagangan ekspor ini.

Ditambah, 30 UMKM ini telah terkurasi dengan baik sehingga memiliki kualitas, kapasitas dan kontinuitas produk yang baik.

“Hal ini tentunya membuat mereka sangat siap menghadapi pameran TEI 2023 yang merupakan kegiatan promosi yang bisa menjadi salah satu tolak ukur dalam melakukan riset pasar. Para pelaku usaha juga dapat melakukan kontak langsung dengan buyer. Diperkirakan, pameran ini akan mendatangkan buyer-buyer asing dari 100 negara,” ujarnya.

Baca juga : Tingkatkan Pelayanan di SPBU COCO, Pertamina Gelar Pelatihan Pengawas dan Operator

UMKM memiliki peluang ekspor yang sangat tinggi, lanjut Fadjar, mengingat potensi yang dimiliki juga sangat besar.

Salah satu dukungannya dalam bentuk pelatihan perdagangan ekspor, agar para pelaku usaha memahami betul langkah-langkah dan juga prosedur ekspor.

Diharapkan, UMKM dapat berkomunikasi dengan baik ketika berhadapan dengan buyer sehingga dapat tercapai kesepakatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.