Dark/Light Mode

GRC Insight Forum

TASPEN Nyata Terapkan Governance, Risk and Compliance

Jumat, 20 Oktober 2023 15:05 WIB
GRC Insight Forum TASPEN Nyata Terapkan Governance, Risk and Compliance

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai negeri (TASPEN) (Persero) berkomitmen  terus meningkatkan penerapan aspek Governance, Risk, and Compliance (GRC) dalam setiap langkah dan rencana bisnisnya, demi meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh peserta.

Kali ini, komitmen tersebut diwujudkan melalui kegiatan TASPEN GRC Insight Forum (TGIF), yang berkolaborasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Keuangan Republik Indonesia, dan Badan Pemerika Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri seluruh Dewan Komisaris dan Direksi TASPEN, jajaran pimpinan TASPEN Group, serta Jajaran Direksi dan Pimpinan BUMN dari Klaster Asuransi dan Dana Pensiun di Hotel Pullman Jakarta Central Park, Jakarta Barat (19/10/2023).

Terkait hal tersebut, Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih mengatakan, pihaknya berkomitmen aktif meningkatkan budaya kepatuhan dan manajemen risiko di lingkungan perusahaan.

Komitmen ini berlaku sama untuk seluruh anak perusahaan TASPEN, dalam upaya meningkatkan kepercayaan para peserta dan stakeholders.

Selama ini, TASPEN telah bergerak cepat dalam menerapkan inovasi digitalisasi dalam proses bisnis untuk meningkatkan kualitas perusahaan dalam lingkup bisnis yang dijalankan.

Baca juga : Generasi Muda Didorong Jadi Garda Terdepan Pengusung Toleransi dan Perdamaian

"Harapannya, TASPEN GRC Insight Forum ini mampu menunjukkan, bahwa Risk Culture dan Compliance Culture selalu menjadi sesuatu yang hidup, dan tumbuh di segala lini di perusahaan setiap harinya," kata Kosasih, Jumat (20/10/2023).

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN Rosan Perkasa Roeslani mengimbau para pelaku industri asuransi, untuk selalu menerapkan Governance, Risk, and Compliance (GRC) terintegrasi, yang diinovasi dengan teknologi digital. Demi memastikan tata kelola, dan meningkatkan pengelolaan risiko yang lebih baik.

Selaras dengan fungsinya sebagai value creator dan agent of development, BUMN memiliki peran strategis untuk mendukung pertumbuhan perekonomian nasional.

BUMN diharapkan mengambil peran signifikan dalam penerapan GRC, agar pencapaian kinerja BUMN dapat lebih optimal, dan tercipta bisnis yang sustainable.

"Selain itu, BUMN juga harus senantiasa mempertimbangkan konteks sosial, perkembangan dan perubahan regulasi, manajemen risiko, inovasi teknologi, Serta batasan- batasan hukum," ujar Rosan.

Beberapa kalangan pejabat pemerintah dan profesional, memberikan paparan mengenai beragam topik dalam kegiatan ini.

Baca juga : Setara Institute: 2 Swasta Terdepan Dalam Pemajuan Bisnis-HAM

Asisten Deputi Bidang Manajemen Risiko dan Kepatuhan Kementerian BUMN Dwi Ary Purnomo memberikan paparan terkait Penerapan GRC Terintegrasi pada BUMN; Kepala Auditorat VII.D Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Didik Julianto menyampaikan materi mengenai Audit pada BUMN; Direktur IT Bank Syariah Indonesia Saladin D. Effendi memaparkan materi mengenai Keamanan Informasi, Kehandalan Infrastruktur IT, dan Kesiapan Teknologi Cyber; Risk Workshop International Consulting Deddy Jacobus memberikan paparan mengenai Business Continuity Management System.

Asisten Staf Khusus Presiden yang juga menjabat General Secretary of IPA-GRC (Indonesia Professional Association for GRC) Jerry Marmen menyampaikan materi terkait Governance, Risk and Compliance. Sedangkan PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia yang diwakili Jeffry Kusnadi dan Emman Marpaung, menyampaikan materi terkait Fraud and Cyber Risk Management.

Pada kegiatan ini, turut dilaksanakan peresmian Aplikasi Enterprise Risk Management (ERM) Terintegrasi TASPEN Group dan peresmian atas diperolehnya sertifikasi ISO 37301:2021 Sistem Manajemen Kepatuhan.

Kegiatan TASPEN GRC Insight Forum ini merupakan wujud TASPEN dalam penerapan Governance, Risk and Compliance (GRC) yang ditujukan untuk membuat perusahaan lebih efektif dalam mengambil keputusan di tengah kondisi fluktuatif ekonomi, dan sosial politik Indonesia.

Lehi atan ini diharapkan dapat membuat perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien dalam pemanfaatan sumber daya, serta memiliki tata kelola dan pengelolaan risiko lebih terukur.

Tentang PT TASPEN (Persero)

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Baca juga : BKSAP: Sidang Umum AIPA ke-44 Tekankan Persoalan Prosperity, People dan Planet

Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia. PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun.

PT TASPEN (Persero) saat ini merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi laman resmi https://taspen.co.idhttps://tcare.taspen.co.id dan seluruh sosial media resmi milik PT TASPEN (Persero).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.