Dark/Light Mode

Nilai Kerja Sama Capai Rp 214 Triliun

BUMN Dan Perusahaan China Teken 31 Perjanjian Bisnis

Sabtu, 21 Oktober 2023 07:20 WIB
Nilai Kerja Sama Capai Rp 214 Triliun BUMN Dan Perusahaan China Teken 31 Perjanjian Bisnis

 Sebelumnya 
China Pasok Beras

Erick yang juga sebagai Men­teri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim ini menyampaikan, Presiden China Xi Jinping siap memasok sebanyak 1 juta ton beras untuk Indonesia.

“Presiden Xi Jinping berkomit­men memenuhi kebutuhan 1 juta ton beras,” katanya.

Baca juga : Kontribusinya Capai Rp 14,4 Triliun, Airbnb Topang Industri Pariwisata Tanah Air

Bahkan, ucap Erick, sebanyak 500 ribu ton beras impor asal China tersebut akan tiba di Indonesia dalam waktu dekat. Dengan ini, cadangan beras di gudang milik Bulog diproyeksi­kan menjadi 2,5 juta ton.

Erick menyebut, kesepakatan untuk mendatangkan 1 juta ton beras impor tersebut diraih usai Presiden Jokowi melakukan pertemuan Bilateral dengan Presiden Xi Jinping. Dalam pertemuan penting tersebut, Pemerintah juga terus mendorong per­luasan pasar produk pertanian dan perikanan di China.

“Kami mendorong kerja sama peningkatan perdagangan, seperti perluasan akses pasar produk pertanian dan perikanan In­donesia di China,” ucap Erick.

Baca juga : APP Teken Kerja Sama Dengan Perusahaan Jepang Dan Inggris Di TEI

Menyoal ini, Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, penambahan investor dalam beberapa proyek di dalam negeri akan memberikan efek positif bagi Indonesia. Namun ia mengingatkan, agar hal tersebut tetap dalam pengawasan. Sebab, ia tak ingin Indonesia terjebak dalam lilitan utang.

“Jangan sampai proyek yang berbiaya mahal ditanggung APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Tak hanya dengan China, tapi juga dengan beberapa negara lainnya,” imbau Bhima kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sementara, Pengamat BUMN dari Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto mengungkapkan, dalam tiga tahun terakhir in­vestasi China di Indonesia mengalami peningkatan. Khusus­nya pada sektor industri logam, industri listrik, dan pembangunan infrastruktur publik.

Baca juga : Hari Ketiga Pameran Inacraft, Transaksi UMKM Pertamina Tembus Rp 1,8 Miliar

“Dapat dipahami bahwa manajemen dan tim pakar, serta teknisi dari China diper­lukan untuk penyelesaian pem­bangunan proyek tersebut,” ujarnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 21/10/2023 dengan judul Nilai Kerja Sama Capai Rp 214 Triliun, BUMN & Perusahaan China Teken 31 Perjanjian Bisnis

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.