Dark/Light Mode

Kontribusinya Capai Rp 14,4 Triliun, Airbnb Topang Industri Pariwisata Tanah Air

Kamis, 19 Oktober 2023 08:58 WIB
Tamu mancanegara Airbnb menjadi penyumbang terbesar pada 2022, yaitu sebesar 76 persen dari total pengeluaran wisatawan di Indonesia, dengan total lebih dari Rp 11,9 triliun. (Ilustrasi Istimewa)
Tamu mancanegara Airbnb menjadi penyumbang terbesar pada 2022, yaitu sebesar 76 persen dari total pengeluaran wisatawan di Indonesia, dengan total lebih dari Rp 11,9 triliun. (Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Airbnb merupakan salah satu pilar penting dalam industri. Bahkan kontribusinya terhadap industri pariwisata Indonesia pada Produk Domestik Bruto (PDB) tercatat mencapai Rp 14,4 triliun, dengan penciptaan lebih dari 93 ribu lapangan kerja di Indonesia pada 2022.

Hal tersebut berdasarkan riset terbaru dari Oxford Economics. Tak hanya itu, laporan tersebut juga mengungkapkan adanya peningkatan yang signifikan dari pengeluaran tamu yang menginap di Airbnb terhadap komunitas lokal.

Pada 2022, tamu-tamu Airbnb menghabiskan Rp 15,7 triliun selama singgah di Indonesia, termasuk untuk transportasi, restoran, toko retail, hingga kerajinan dan juga pusat hiburan.

Direktur Konsultan Ekonomi di Asia untuk Oxford Economics James Lambert mengatakan, hal ini memperlihatkan kontribusi yang besar dari tamu-tamu Airbnb terhadap pariwisata di Indonesia.

Baca juga : Menpora Siapkan Rp 800 Miliar Bangun Pusat Pelatihan Atlet Disabilitas

Pada tahun 2022, tamu mancanegara Airbnb menjadi penyumbang terbesar, yaitu sebesar 76 persen dari total pengeluaran wisatawan di Indonesia, dengan total lebih dari Rp 11,9 triliun.

Laporan tersebut juga menemukan dua perubahan penting dalam perilaku bepergian semenjak pandemi, seperti penyebaran destinasi wisata yang menjauh dari kawasan perkotaan dan jangka waktu menginap yang lebih lama karena peraturan bekerja yang lebih fleksibel (work from home/anywhere).

"Airbnb jelas memainkan peran penting dalam ketahanan dan pemulihan sektor pariwisata Indonesia setelah pandemi Covid-19," ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (19/10).

Airbnb sambung Lambert, telah menjadi bagian dari berbagai tren yang membentuk kembali industri pariwisata di Indonesia. Mulai dari pergeseran wisata yang menjauh dari perkotaan ke arah pedesaan, hingga meningkatnya permintaan untuk penginapan jangka panjang yang didorong oleh adanya fenomena tinggal dan bekerja dari mana saja.

Baca juga : Bank Mandiri Siap Salurkan Kredit Bunga Murah UMKM

General Manager Airbnb untuk Asia Tenggara, India, Hong Kong dan Taiwan Amanpreet Singh Bajaj mengatakan, kontribusi ekonomi pada PDB dan terciptanya lapangan kerja yang didorong oleh perjalanan menggunakan Airbnb di Indonesia telah menciptakan dampak ekonomi yang luar biasa.

"Sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis lokal, seperti toko, restoran, bar, dan juga kafe, yang menjadi bagian penting dalam pengalaman bepergian wisatawan di suatu destinasi, dan pada akhirnya menciptakan lapangan kerja bagi penduduk lokal," ucap Aman.

Aman mengatakan, pertumbuhan jangka waktu menginap yang panjang mulai terjadi sejak 2020, dikarenakan adanya pengaturan kerja yang fleksibel, yang pada akhirnya membuat beberapa destinasi dapat menarik para tamu untuk menginap lebih lama dan lebih banyak berbelanja di daerah tempatnya menginap.

Aman menjelaskan, saat ini, pariwisata tersebar lebih rata, sehingga manfaat perekonomian dapat tersebar ke lebih banyak destinasi dan memungkinkan kontribusi ekonomi untuk area pedesaan maupun regional.

Baca juga : Airlangga: 170 PSN Tuntas

"Penyebaran wisatawan ini juga didorong oleh para Host di Airbnb yang telah membuka peluang ekonomi kreatif bagi komunitas lokal," kata Aman.

Pihaknya berkomitmen untuk terus menjadi mitra pemerintah dan komunitas lokal dalam membangun kembali ekonomi pariwisata indonesia yang adil, inklusif, bertanggung jawab, dan berkelanjutan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.