Dark/Light Mode

Sinergi Dengan 5 BUMN

Angkasa Pura I Bangun Balkondes Golaga

Rabu, 2 Oktober 2019 20:28 WIB
Groundbreaking Balkondes : (Kiri-Kanan) Menteri BUMN Rini Soemarno, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto secara simbolis melakukan groundbreaking Balkondes Goa Lawa di Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (2/10). (Foto : Humas Angkasa Pura I)
Groundbreaking Balkondes : (Kiri-Kanan) Menteri BUMN Rini Soemarno, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto secara simbolis melakukan groundbreaking Balkondes Goa Lawa di Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (2/10). (Foto : Humas Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) bersinergi dengan Lima BUMN melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama, Program Pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di destinasi wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga), Jawa Tengah, Rabu (2/10).

Kegiatan corporate social responsibility (CSR) 5 BUMN tersebut dalam rangka meningkatkan ekonomi kerakyatan di daerah Wisata Golaga.

Kelima perusahaan pelat merah yang bersinergi bersama Angkasa Pura I yakni, PT Perusahaan Gas Negara Tbk, PT Angkasa Pura II (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Pupuk Indonesia Holding Company.

Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Balkondes ini dilakukan oleh Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi bersama Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto dan Wakil Direktur Utama Bank BRI Catur Budi Harto.

Baca juga : Sinergi 6 BUMN Bangun Balkondes Golaga Purbalingga

“Saya menyambut baik sinergi ini, ada enam BUMN yang bersinergi untuk bangun Balkondes. Harapannya Balkondes bisa selesai dibangun pada Mei 2020 bersamaan dengan beroperasinya Bandara Purbalingga agar wisatawan dapat datang ke sini. Pesan saya kepada masyarakat, mari kita sama-sama menjaga Balkondes ini," ungkap Menteri Rini M. Soemarno dalam keterangan pers yang diterima RMco, Rabu, (2/10/2019).

Balkondes sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan peluang usaha pariwisata melalui pembuatan homestay, memperpanjang length of stay wisatawan dengan adanya pertunjukkan budaya baru pada tiap desa, meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa, serta menciptakan lapangan kerja bagi penduduk desa.

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Golaga saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Purbalingga.

Baca juga : UU Sistem Budi Daya Pertanian Tingkatkan Peran Petani dalam Pembangunan

Pembangunan Balkondes merupakan salah satu komitmen Angkasa Pura I untuk memperkuat sarana penunjang pariwisata berupa penginapan (homestay) yang mendukung peningkatan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun internasional di Golaga. 

"Kehadiran homestay ini juga bermaksud untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di Golaga sehingga membantu mempercepat roda perekonomian Golaga," ujar Faik Fahmi.

Untuk memberikan keunikan pada design dan memanfaatkan lokasi yang tersedia, konsep arsitektur homestay menggunakan bentuk tree house yang mencitrakan identitas dari Purbalingga.

Design homestay diambil dari analogi bentuk buah nanas yang merupakan komoditas utama Kabupaten Purbalingga dengan makanan khasnya yang terkenal, yakni nanas bakar. 

Baca juga : Angkasa Pura I Semarakkan Pameran Indotrans Expo 2019

Dijelaskan, Balkondes Golaga ini nantinya akan memiliki sebanyak 6 unit nanas homestay, 1 unit family homestay dan public building. Seperti cafe dan workshop,skybridge, pedestrian access, amphitheater, dan area parkir untuk meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Golaga. 

"Besar harapan kami hadirnya Balkondes ini juga dapat meningkatkan peran aktif masyarakat untuk sama-sama memajukan destinasi wisata Golaga, dan menjadi tempat untuk mengekspose produk-produk unggulan khusunya dari Kabupaten Purbalingga," tambah Faik Fahmi.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan, Kabupaten Purbalingga saat ini merupakan yang tertinggi ketiga di Jawa Tengah terkait kunjungan wisawatan. 

"Kami sangat optimis dengan hadirnya Balkondes Golaga dari BUMN ini, akan mampu menaikkan peringkat Kabupaten Purbalingga menjadi peringkat dua, bahkan menjadi nomor satu untuk kunjungan wisatawan tertinggi di Provinsi Jawa Tengah," tutur Dyah Hayuning. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.