Dark/Light Mode

Layani 36 Juta Nasabah Ultra Mikro

Holding UMi Perkuat Jangkauan Layanan

Selasa, 24 Oktober 2023 07:20 WIB
Direktur Utama BRI Su­narso. (Foto: Antara)
Direktur Utama BRI Su­narso. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keberadaan Holding Ultra Mikro (UMi) terbukti menjadi alternatif akses pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan ultra mikro. Karena itu, jangkauan layanan terus diperkuat.

Direktur Utama BRI Su­narso menyakinkan UMi telah menjadi salah satu fokus dari BRI, Pegadaian dan PNM dalam hal penyaluran pembiayaan.

Terbukti hingga akhir Juni 2023, Holding UMi telah me­layani 36 juta nasabah kredit mikro dan ultra mikro, dengan total nilai kredit yang disalurkan mencapai Rp 577,9 triliun.

Baca juga : Jelang Akhir Tahun, Garuda Tambah Frekuensi Penerbangan Internasional

“Selain pembiayaan, segmen mikro dan ultra mikro juga tercatat menjadi nasabah simpanan dengan jumlah besar, yakni hingga Rp 309 triliun (hanya di BRI),” kata Sunarso di Jakarta, kemarin.

Pembentukan Holding UMi di­lakukan untuk mengintegrasikan perusahaan-perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang fokus pelayanannya kepada segmen mikro dan ultra mikro.

“Agar lebih efisien, maka (Holding UMi) mengguna­kan outlet yang digunakan bersama, produk yang dijual se­cara crossselling, dan sistem yang digunakan bersama,” ujar eks bos Pegadaian ini.

Baca juga : Berantas Ilegal Fishing, Dirjen AHU: Perkuat Kerangka Hukum Internasional

Untuk melayani segmen terse­but, baik BRI, PNM dan Pegadaian bersama-sama mengembang­kan outlet co-location atau outlet yang dapat digunakan bersama.

Dari sekitar 15.500 outlet yang digunakan untuk melayani nasabah segmen ultra mikro dan mikro, sebanyak 1.013 outlet merupakan outlet co-location.

Di samping inisiatifnya dalam mengembangkan sektor ultra mikro, BRI juga terus mem­berikan pendampingan kepada segmen UMKM.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.