Dark/Light Mode

BRI Edukasi Nasabah Dari Modus Soceng Kejahatan Perbankan

Sabtu, 19 Agustus 2023 18:46 WIB
BRI terus mengedukasikan nasabah dari modus kejahatan perbankan. (Foto: Ilustrasi BRI)
BRI terus mengedukasikan nasabah dari modus kejahatan perbankan. (Foto: Ilustrasi BRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mengedukasi nasabahnya, agar meningkatkan kewaspadaannya dan terhindar dari segala jenis bentuk modus penipuan/kejahatan perbankan.

Diketahui, maraknya kasus kejahatan yang memanfaatkan media digital menimbulkan keresahan di masyarakat, pesatnya perkembangan teknologi digital ini memerlukan kewaspadaan masyarakat terkait informasi menyesatkan yang datang dari berbagai sumber.

Baca juga : Festival Golo Koe, Generasi Muda Tangguh Iklim Dan Dukung Ketahanan Pangan lokal

Salah satu kejahatan penipuan perbankan yang paling marak adalah social engineering atau soceng.

Soceng merupakan tindak kejahatan yang memanipulasi psikologis korban sehingga korban membocorkan data pribadi dan data transaksi perbankannya yang bersifat rahasia.

Baca juga : PDIP Jabar Mau Ulang Kejayaan Pileg 2014

“Media yang digunakan pelaku untuk mendekati korban pun beragam, mulai dari telepon, chat, SMS, e-mail, media sosial, dan sebagainya,” kata Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi di Jakarta, Sabtu (19/8).

Sebagai bentuk upaya memerangi soceng dan mengedukasi nasabah, BRI membagikan berbagai modus kejahatan perbankan khususnya social enginering beserta langkah antisipatif menghadapinya.

Baca juga : Bulog Kebut Impor Beras

Adapun modus-modus penipuan/kejahatan social enginering (soceng) tersebut adalah pertama, undangan Pernikahan Palsu Berbentuk File APK.

Modus penipuan ini terjadi melalui permintaan untuk mengklik sebuah file undangan pernikahan berformat APK melalui aplikasi chat WhatsApp (WA).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.