Dark/Light Mode

PLN Indonesia Power Kerahkan Personel Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Jumat, 27 Oktober 2023 17:45 WIB
Personel PLN Indonesia Power ikut membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan. (Dok. PLN IP)
Personel PLN Indonesia Power ikut membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan. (Dok. PLN IP)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN Indonesia Power melalui unit-unitnya mengerahkan bantuan serta peralatan pendukung penanggulangan bencana untuk mengatasi KARHUTLA (Kebakaran Hutan dan Lahan) di wilayah Sumatera Selatan, Kalimantan Barat serta di Jawa barat.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian LHK Sigit Reliantoro mengapresiasi upaya PLN Indonesia Power dalam upaya membantu Pemerintah dalam penanganan kebencanaan karhutla di beberapa wilayah di Indonesia.

“Terima kasih kepada PLN Indonesia Power yang sudah membantu penanganan kebakaran lahan dan hutan di wilayah di Indonesia. Ini merupakan upaya yang luar biasa terhadap penanganan kebencanaan. Semoga musibah kebakaran dan lahan di Indonesia dan Sumatera Selatan cepat selesai," pungkas Sigit.

Baca juga : Menko PMK Minta Pemda Majukan Ponpes Dan Para Santrinya

Sekretaris Perusahaan PLN Indonesia Power Agung Siswanto mengatakan bantuan ini merupakan salah satu wujud aksi kepedulian korporasi kepada masyarakat, serta upaya dalam menjaga keanekaragaman hayati di Tanah Air yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

"Bantuan ini merupakan perhatian PLN Indonesia Power kepada masyarakat dan lingkungan khususnya di kota Palembang serta Kabupaten OKI khususnya yang terkena dampak Karhutla," ujar Agung Siswanto saat terjun langsung di lokasi titik api Karhutla di kabupaten OKI, Sumatera Selatan.

Di Sumatera Selatan, PLN Indonesia Power melalui 3 unitnya UPDK Keramasan, PLTU Suralaya dan PLTU Lontar terjun memberikan bantuan berupa Centrifugal Pump dan Fire Pump Set.

Baca juga : Anies-Imin Rebut Suara NU dan Muhammadiyah

Di lokasi lain tepatnya di Kabupaten Garut, Jawa Barat, PLN IP Kamojang POMU bersama stakeholder terkait dan penggiat lingkungan, serta pecinta alam terjun untuk membantu mengatasi karhutla di area seluas 150 hektar, tepatnya di sekitar kawasan Tegal Alun Gunung Papandayan yang hangus terbakar.

PLN IP Kamojang POMU juga memberikan bantuan berupa peralatan pemadam api konvensional dan logistik.

Sementara di Kalimantan Barat tepatnya di Kabupaten Bengkayang, PLN IP melalui UPK Singkawang mengerahkan 1 unit mobil damkar dengan kapasitas 3 ton dan mengerahkan personel dengan peralatan lengkap yang terbagi menjadi 3 shift yaitu pagi, siang dan malam.

Baca juga : Greenpeace Indonesia Puji Penanganan Kebakaran TPA Rawa Kucing Kota Tangerang

Adapun sumber air diambil dari kolam penampungan PLTU bengkayang yang di gunakan untuk pemadaman di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.