Dark/Light Mode

Lewat CSR

PLN Bentuk Kampung Pusat Pengelolaan Sampah Terpadu Di Jakarta Barat

Jumat, 4 Oktober 2019 14:38 WIB
Lewat CSR PLN Bentuk Kampung Pusat Pengelolaan Sampah Terpadu Di Jakarta Barat

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN Pusat Enjiniring Ketenagalistrikan (Pusenlis) menginisiasi kegiatan "Gerakan Sadar Bersih" dan pembentukan "Kampung Pengelolaan Sampah Terpadu (PST)" dikawasan pemukiman padat penduduk di Kelurahan Kota Bambu Selatan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

PLN Pusenlis merupakan salah satu unit PT PLN (Persero). General Manager PLN Pusenlis Chairani Rachmatullah Prilaku mengungkapkan, hidup tidak sehat dan membuang sampah sembarangan di got atay selokan bisa menyebabkan banjir dan timbul wabah penyakit.

"PLN Peduli hadir disini memberikan bantuan dengan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memilah sampah dari rumah kemudian digolongkan menjadi 2 yaitu sampah Organik dan Anorganik, yang sebelumnya telah diuji coba pada tahap pertama 5 rumah dan tahap kedua, 20 rumah dan saat ini telah berjalan dengan lancar," kata General Manager PLN Pusenlis Chairani Rachmatullah saat memberikan sambutan.

Disebutkan, teknis pelaksanaan yang sebelumnya sudah disusun oleh Tim PLN Peduli dan Penggiat lingkungan (K3L) PLN Pusenlis, Pokja Kota Sehat Kelurahan Kota Bambu Selatan dan Tim PKM Fakultas Teknik Lingkungan Univ. Trisakti yaitu Sampah organik akan diambil setiap harinya oleh PPSU kelurahan untuk diolah menjadi pupuk kompos.

Baca juga : Hari ini Ada 5 lokasi Pelayanan SIM Keliling di Jakarta

"Dan sampah Anorganik bisa ditabungkan ke Bank Sampah sehingga sampah kini tidak lagi dibuang begitu saja, tetapi sampah tersebut masih memiliki manfaat bahkan dapat menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, misalnya membayar listrik dan lain lain," lanjutnya.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Pokja Kota Sehat dan Tim PKM Fakultas Teknik Lingkungan Universitas Trisakti terkait edukasi ke masyarakat, dan melakukan pendekatan langsung secara door to door.

Dalam pembentukan Kampung Pengelolaan Sampah Terpadu ini, PLN memfasilitasi tempat sampah organik dan anorganik ke 70 rumah. Kemudian memberikan Buku Tabungan Bank sampah, serta mesin Pengolah sampah menjadi BBM yang akan dikelola oleh Bank Sampah Kelurahan Kota Bambu Selatan.

"Program Gerakan Sadar Bersih dan Kampung Pengelolaan Sampah Terpadu adalah program CSR ke tiga yang dilaksanakan di Kota Bambu Selatan oleh PLN Pusenlis di tahun 2019," katanya.

Baca juga : Indonesia dan Jepang Akan Bertemu untuk Tindaklanjuti Proyek Peningkatan Kecepatan KA Jakarta-Surabaya

Sebelumnya, PLN Peduli telah melakukan program penyuluhan dan antisipasi Bahaya Kebakaran dan pemberian 92 APAR kepada Masyarakat, serta Program Gang Hijau untuk masyarakat Kota Bambu Selatan. Pada bulan Agustus lalu, sudah diresmikan oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) dan Walikota Administrasi Jakarta Barat.

"Kami berharap melalui Program program PLN Peduli ini akan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungannya, terlebih lagi dapat meningkatkan produktivitas di lingkungan Masyarakat Kota Bambu Selatan serta meningkatkan Engagement PLN dengan masyarakat sehingga PLN selalu dekat dihati masyarakat," ujar Chairani.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Lurah Kota Bambu Selatan, Muhadi meminta warga mendukung 100 persen program PLN Peduli.

Dirinya berharap ada sinergi antara pelaku usaha antara PLN, akademisi, Pemda DKI serta masyarakat.

Baca juga : Yasonna: Kritik Boleh, Tapi Jangan Caci Harkat dan Martabat

Muhadi pun menyampaikan rasa terimakasih kepada PLN Pusenlis yang menginisiasi kegiatan tersebut. "Saya sampaikan terimakasih kepada PLN dan mahasiswa yang memfasilitasi kegiatan, diharapkan dengan adanya program tersebut, masyarakat akan sadar hidup bersih," jelas Muhadi.

Diungkapkannya, Kelurahan Kota Bambu Selatan merupakan permukiman padat penduduk, yang banyak masyarakatnya. Tak heran jika banyak sampah di wilayah tersebut. Terlebih budaya mengelola sampah secara mandiri belum berjalan.

Dalam kegiatan "Gerakan Sadar Bersih" dan pembentukan "Kampung Pengelolaan Sampah Terpadu", PLN Pusenlis memberikan bantuan berupa penyerahan bantuan tempat sampah organik dan non organik, penyerahan rompi dan buku tabungan Bank Sampah dan penyerahan Plakat. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :