Dark/Light Mode

Jokowi Tebar Optimisme

Bonus Demografi Dan Hilirisasi Modal Kita Jadi Negara Maju

Senin, 30 Oktober 2023 07:20 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi terus menebar optimisme Indonesia mampu menjadi negara dengan ekonomi yang lebih kuat. Hilirisasi dan bonus demografi diyakini menjadi modal utama bagi Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

Optimisisme ini kembali disampaikan Jokowi melalui akun Instagramnya (@jokowi), Minggu (29/10/2023).

Baca juga : Menkop Teten Optimistis Industri Modest Fashion Indonesia Jadi Tren Global

“Indonesia memiliki peluang besar dalam mencapai cita-cita In­donesia Emas 2045 berupa bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030-an. Saat itu, penduduk usia produktif kita melimpah,” kata Jokowi.

Meski target Indonesia Emas 2045 masih 22 tahun ke depan, namun Jokowi ingin mewujud­kannya dengan persiapan ma­tang sejak jauh-jauh hari.

Baca juga : Nilai Dinasti Politik Rusak Demokrasi, Aliansi Mahasiswa Jambi Unjuk Rasa Tolak Putusan MK

“Kita memanfaatkan peluang tersebut di antaranya dengan dua strategi besar, yaitu memper­siapkan sumber daya manusia Indonesia dan hilirisasi indus­tri,” ujarnya.

Menurutnya, dua hal ini men­jadi penting. Sumber daya ma­nusia disiapkan untuk memasuki pangsa kerja dengan produktif.

Baca juga : Di Istana, Jokowi Terima Surat Kepercayaan 12 Duta Besar Negara

Sedangkan untuk hilirisasi, Jokowi menegaskan sumber daya alam Indonesia harus memiliki nilai tambah agar bisa mensejahterakan rakyat. “Mari bersama majukan Indonesia,” seru Jokowi.

Menteri Investasi/Kepala Ba­dan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahada­lia mengakui, tidak ada cara lain untuk Indonesia bisa dengan ce­pat menjadi negara maju kecuali melalui industrialisasi melalui hilirisasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.