Dark/Light Mode

Meningkat 135 Persen, SnackVideo Terbukti Ampuh Promosikan Produk UMKM

Senin, 30 Oktober 2023 17:11 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - SnackVideo terbukti ampuh membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menjalankan bisnisnya.

Buktinya, penjualan mereka meningkat hingga 135 persen di salah satu platform media sosial video pendek terbesar di Indonesia itu.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian tahun 2022, tingkat kewirausahaan di Indonesia berada di angka 3,47 persen dari total penduduk.

Padahal, target yang diusung Pemerintah mencapai 3,95 persen dari total penduduk pada 2024.

Sebab itu, perlu kolaborasi untuk menggapai target tersebut.

Salah satu bentuk kolaborasi yang telah dilakukan SnackVideo dengan pemangku kepentingan UMKM adalah kolaborasi SnackVideo dengan SMESCO Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia untuk pelaksanaan Indonesia Digital MeetUp 2023.

Ajang yang telah berlangsung pada 5-6 Oktober 2023 lalu di SMESCO Indonesia Exhibition & Convention Hall, Jakarta, ini diikuti oleh lebih dari 3 ribu calon pelaku serta pelaku UMKM.

Direktur Utama SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata mengungkapkan, digitalisasi merupakan salah satu cara penting agar UMKM bisa naik kelas.

Baca juga : Relawan Targetkan 50 Persen Generasi Muda Dukung Pasangan AMIN

Dia pun sangat mengapresiasi dukungan SnackVideo sebagai platform video pendek di Digital MeetUp 2023.

"Sesi talkshow SnackVideo dengan peserta tentang pemanfaatan SnackVideo dalam strategi digital marketing diharapkan dapat memberi dorongan bagi para pelaku UMKM untuk segera melakukan digitalisasi agar bisnis mereka dapat naik kelas," ujar Leonard, di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Upaya SnackVideo untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM telah berlangsung sejak kehadirannya di Indonesia, terutama lewat penggunaan video pendek dalam strategi promosi dan marketing.

Dengan strategi promosi yang tepat, penggunaan video pendek dapat menjadi cara efektif untuk menjangkau target market.

Apalagi dalam tiga tahun terakhir, jumlah masyarakat Indonesia yang mengakses platform video pendek meningkat sangat pesat.

Indonesia Short Video White Paper 2023 yang disusun oleh Ipsos dan SnackVideo dan diterbitkan Maret lalu, menyebutkan bahwa penetrasi video pendek dalam kehidupan sehari-hari mencapai 70 persen.

Masyarakat tak lagi hanya menonton video pendek untuk menghabiskan waktu (56 persen) atau mencari hiburan (53 persen), tetapi juga untuk kebutuhan berbelanja (22 persen).

Head of Marketing SnackVideo Indonesia Dina Bhirawa berharap, pelaku UMKM bisa terus maju dan naik kelar melalui pemanfaatan digital marketing.

Baca juga : Kemenkop UKM Sebut Koperasi Terbukti Mampu Pertahankan Eksistensi

Terutama, melalui konten video pendek yang saat ini sedang digemari. SnackVideo dapat menjadi platform yang tepat untuk mempromosikan bisnis, karena ada 43 juta pengguna aktif yang didominasi oleh generasi millenial dan Gen-Z.

"Para pelaku UMKM dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di SnackVideo dalam implementasi marketing campaign yang sukses sehingga penjualan produknya dapat meningkat," ungkap Dina.

Saat ini, semakin banyak pelaku UMKM yang menjadikan SnackVideo sebagai platform untuk mempromosikan produk.

Sepanjang Quarter 3 (Juli-September) 2023, tercatat peningkatan jumlah UMKM yang mempromosikan produknya di SnackVideo sebesar 135 persen.

Peningkatan ini terjadi karena semakin banyak pelaku UMKM yang melihat bahwa SnackVideo merupakan pilihan platform video pendek yang efektif dalam mempromosikan produk.

Selain karena karakteristik konten video pendek di SnackVideo yang relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, tim dari SnackVideo juga akan membantu dalam implementasi strategi promosi dan marketing.

Kata Dina, saat ada pelaku UMKM yang ingin mempromosikan bisnisnya di SnackVideo, pihaknya akan membantu agar strategi promosi bisa tepat sasaran.

Misalnya, dengan membantu memilihkan para pengguna SnackVideo dengan demografi yang paling tepat untuk UMKM yang menjadi klien, di antaranya adalah usia, jenis kelamin, dan geografi.

Baca juga : Menkumham: 100 Persen Kelurahan Di DKI Jakarta Berpredikat Sadar Hukum

"Selain itu, berbeda dengan platform lain, kami juga memastikan tim kami dapat dengan sigap dan cepat memberi solusi dan masukan bagi klien jika menghadapi kendala, sehingga promosi berjalan efektif dan klien puas dengan layanan yang kami berikan," jelas Dina.

Manfaat mempromosikan produk lewat SnackVideo dalam bentuk video pendek telah dirasakan oleh banyak pelaku UMKM.

Pada Quarter 3, SnackVideo mencatat sembilan besar UMKM yang telah mengalami peningkatan penjualan produk setelah mempromosikan produknya di SnackVideo.

Salah satu yang merasakan manfaatnya adalah Herry Nugraha dari PT Erhanesia Digima Mukitama (Erdigma).

Yakni, bisa menjangkau pasar potensial dari seluruh pelosok Indonesia secara efektif dengan biaya yang relatif terjangkau.

Selain itu, tim dari SnackVideo secara rutin memberikan update tentang program promosi dari Erdigma.

"Sehingga kami memiliki data untuk menjadi acuan untuk strategi promosi yang tepat. Tim dari SnackVideo juga dengan cepat akan merespon jika kami butuh bantuan terkait strategi promosi yang kami lakukan," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.