Dark/Light Mode

Jaga Pertumbuhan Ekonomi, INACA Siapkan Peta Jalan Penerbangan ASEAN  

Kamis, 2 November 2023 15:59 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) di acara CEO Talk, bertema ASEAN Connect: Aviation Strategy and Roadmap di Jakarta, Kamis (2/11/2023). (Foto: Dok. INACA)
Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) di acara CEO Talk, bertema ASEAN Connect: Aviation Strategy and Roadmap di Jakarta, Kamis (2/11/2023). (Foto: Dok. INACA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) menegaskan, perlunya peningkatan kerja sama antar anggota intra ASEAN dan mengembangkan kerja sama internasional ekstra ASEAN, guna mempertahankan momentum pertumbuhan perekonomian ASEAN (The Association of Southeast Asian Nations).

Sebagai gambaran, Kawasan Asia Tenggara dengan organisasi kawasan bernama ASEAN, yang beranggotakan 10 negara dengan penduduk lebih dari 600 juta jiwa, saat ini tengah menjadi sorotan dunia karena pertumbuhan ekonomi yang tinggi pasca pandemi Covid-19. 

Baca juga : Di Hadapan Presiden, Dirut PLN Paparkan Pengembangan PLTA

Pertumbuhan ekonomi negara-negara ASEAN rata-rata 4,6 persen di tahun 2023 dan diperkirakan tumbuh menjadi 4,8 persendi tahun 2024 (www.oecd.org ).

Hal ini jauh di atas perkiraan pertumbuhan ekonomi global dari IMF, yang berada di angka 2,8 persen tahun 2023 dan 3.0 persen pada tahun 2024.

Baca juga : Relawan: Putusan MKMK Tak Bisa Batalkan Pencalonan Gibran

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, terkait konektivitas ASEAN, Indonesia telah berperan secara aktif, berkontribusi dalam pengembangan kerja sama penerbangan, tidak hanya pada aspek konektivitas transportasi udara.

Namun, menurut Menhub juga pada aspek teknis lainnya dan jasa penunjang angkutan udara.

Baca juga : Delegasi PSMTI, Ratusan Santri, dan Imam Besar Istiqlal Jalan Sehat Bersama

Menurutnya, kerja sama ASEAN dengan Negara Mitra tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan konektivitas transportasi udara. Melainkan, juga mengembangkan kerja sama di bidang keselamatan dan keamanan penerbangan, manajemen lalu lintas udara dan sustainable aviation
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.