Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenhub Kembali Sabet Penghargaan Terbaik Pertama Anugerah Layanan Investasi

Kamis, 9 November 2023 09:10 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menerima penghargaan anugerah layanan investasi. (Foto: Ist)
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menerima penghargaan anugerah layanan investasi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meraih penghargaan Terbaik Pertama di Kategori Kementerian/Lembaga pada Anugerah Layanan Investasi Tahun 2023 dari Kementerian Investasi/BKPM. Ini adalah kali kedua, setelah pada tahun 2022 lalu, Kemenhub juga berhasil meraih penghargaan terbaik pertama.

Penghargaan ini merupakan hasil penilaian terhadap kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah, terhadap kinerja layanan investasi serta upaya percepatan pelaksanaan berusaha bagi pelaku usaha nasional maupun asing untuk berinvestasi di Indonesia.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menerima penghargaan tersebut, yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, di Jakarta, Rabu (8/11).

Baca juga : Kantor Imigrasi Tangerang Raih Penghargaan Unit Kerja Pelayanan Publik Berbasis HAM

Dalam arahannya, Wapres mengatakan, dinamika global masih menghadirkan sejumlah tantangan bagi perekonomian Indonesia. Beberapa di antaranya adalah tingkat inflasi yang masih tinggi, suku bunga, perang, dan fragmentasi geo-ekonomi yang menuntut adanya strategi antisipatif ke depan. 

“Di tengah kondisi ini, perekonomian Indonesia terjaga dan tetap bertumbuh, salah satunya didukung oleh investasi. Investasi sangat vital untuk menopang pembangunan berkelanjutan, memberikan nilai tambah bagi sumber daya alam, meningkatkan daya saing bangsa, dan menciptakan keadilan ekonomi dan sosial," ujar Wapres.

Oleh karena itu, Wapres mengharapkan, Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah dapat melakukan empat aksi utama dalam meningkatkan iklim investasi yang positif di Indonesia. Pertama adalah dengan meningkatkan realisasi investasi dengan cara memperbaiki iklim investasi dan tata kelola. Kedua, investasi tak hanya menguntungkan dari sisi ekonomi, tetapi juga dari sisi sosial, kebudayaan dan lingkungan sehingga masyarakat dapat merasakan secara langsung manfaat dari investasi itu sendiri.

Baca juga : Ini Tiga Pesan Wapres Pada Anugerah Layanan Investasi 2023

Ketiga, agar peluang dan potensi besar investasi pada sektor halal dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, bahkan ditingkatkan. Terakhir adalah dengan menggali terus sektor potensial lainnya di masing-masing daerah agar membawa efek berganda bagi perekonomian daerah sehingga mewujudkan pemerataan ekonomi di seluruh tanah air.

Usai menerima penghargaan, Menhub menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak, yakni Presiden dan Wapres yang telah memberikan arahan dan dorongan. Serta kepada Menteri Investasi/Kepala BKPM yang konsisten dalam upaya mendorong kemudahan berinvestasi di Indonesia. Menhub juga menyampaikan komitmennya untuk mendukung kemajuan investasi Indonesia.

"Ini kedua kalinya kami meraih terbaik pertama dan merupakan pencapaian yang berarti bagi Kementerian Perhubungan. Kami senantiasa berusaha yang terbaik dalam pelayanan dan investasi demi kemajuan Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Bio Farma Kembali Torehkan Prestasi, Raih Penghargaan Platinum ASSRAT 2023

Menurut dia, perizinan di Kementerian Perhubungan sudah lebih cepat dan tata kelola juga sudah lebih baik. Sehingga dapat memberi kepastian bagi para pelaku usaha yang ingin berinvestasi di sektor transportasi.

Turut menghadiri acara ini Inspektur Jenderal Arif Toha Tjahjagama dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.