Dark/Light Mode

Bersama 23 BUMN, Peruri Dukung Program Tana Lino Lestari II di Pulau Komodo

Kamis, 9 November 2023 19:22 WIB
Program Tana Lino Lestari II di SD Negeri Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur yang dilaksanakan kolaborasi 23 BUMN, Sabtu (4/11/2023). (Foto: Dok. Peruri)
Program Tana Lino Lestari II di SD Negeri Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur yang dilaksanakan kolaborasi 23 BUMN, Sabtu (4/11/2023). (Foto: Dok. Peruri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bentuk komitmen kepedulian BUMN terhadap bidang pendidikan dan ekonomi di Indonesia, Peruri bersama 22 BUMN lainnya berkolaborasi melaksanakan Program Tana Lino Lestari II di SD Negeri Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (4/11/2023).

Koordinator program ini adalah Garuda Indonesia yang berkolaborasi dengan, ASDP, Danareksa, Jamkrindo, Pelindo, Taspen, Perum Bulog, PNM, PP, BNI, Waskita Karya, Brantas Abipraya, Pelni, Nindya Karya, Askrindo, Adhi Karya, Perum Perumnas, Hutama Karya, BRI, Airnav Indonesia, Pegadaian dan Bank Mandiri.

Perseroan tersebut berkomitmen dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan di SD Negeri Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Program Tana Lino Lestari merupakan program berkelanjutan. Sebelumnya pada tahun 2021 telah dilaksanakan program tahap pertama yang peresmiannya dihadiri langsung  Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga : Kolaborasi BUMN, Askrindo dan IFG Beri Bantuan Fasilitas Pendidikan di Pulau Komodo

Peresmian program Tana Lino Lestari II dilaksanakan dihadiri langsung Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, para Direktur BUMN yang membawahi bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat, Kepala Desa setempat, Kepala Sekolah, Guru-guru SD Negeri Pulau Komodo dan masyarakat setempat.

Acara dibuka dengan penanaman pohon oleh Deputi SDM dan IT Kementerian BUMN bersama direksi BUMN, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke ruang-ruang kelas yang telah direvitalisasi.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Tedi Bharata, kemudian dilakukan juga penandatanganan batu peresmian revitalisasi sekolah.

Baca juga : Terima IKN, Bamsoet Dorong Pengembangan Pasar Kripto di Indonesia

Tedi Bharata menyampaikan, BUMN senantiasa berkomitmen membantu masyarakat melalui berbagai program melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN sebagai bentuk dukungan BUMN terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia.

“Program bantuan ini merupakan bagian berkeberlanjutan dari BUMN dengan tujuan untuk memajukan Bangsa, melalui penciptaan generasi-generasi hebat di masa depan dengan keterbatasan fasilitas pendidikan, namun memiliki dengan tekad dan semangat yang kuat”, tambah Tedi dalam keterangannya dikutip Kamis (9/11/2023).

Pada tahap kedua ini, program Tana Lino Lestari fokus pada revitalisasi sarana pendidikan SD Negeri Pulau Komodo, revitalisasi jaringan internet di Pulau Komodo, pembangunan taman tematik SD Negeri Pulau Komodo, pembangunan ruang guru dan tempat tinggal guru SD Negeri Pulau Komodo, dan pemberdayaan masyarakat nelayan.

Selain itu kolaborasi BUMN juga memberikan tambahan bantuan peralatan sekolah berupa seragam sekolah, tas sekolah, sepatu, kipas angin dan sound system dan memberikan bantuan renovasi fasiltas sekolah PAUD Komodo Center.

Baca juga : Gibran Peduli Santri Dan Ponpes

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Biro Strategic Corporate Branding dan TJSL Peruri, Ratih Sukma Pratiwi mengatakan, melalui program kolaborasi BUMN ini kami berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat yang seluas-luasnya untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yakni Pendidikan Berkualitas (Quality Education) dan Pekerjaan Layak & Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work & Economic Growth).

Kepala Sekolah SD Negeri Komodo Usman mengucapkan, terima kasih kepada BUMN, dengan adanya bantuan dari BUMN.

"Kami bersyukur sekali karena bantuan yang diberikan berdampak sekali pada SD Negeri Pulau Komodo menjadikan proses belajar dan mengajar sangat lancar," ujar Usman.

Ia merasa senang melihat siswa-siswi merasa nyaman melaksanakan aktivitas belajarnya dengan bantuan yang standar pendidikan di Pulau Komodo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.