Dark/Light Mode

Ini Langkah Besar Raymond Chin, Revolusi Lokal Bangkitkan Produk UMKM

Minggu, 12 November 2023 13:32 WIB
Pembukaan Revolusi Lokal di Senayan Jakarta, Jumat (10/11/2023). Foto: Istimewa
Pembukaan Revolusi Lokal di Senayan Jakarta, Jumat (10/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah besar untuk bangkitkan produk lokal menjadi yang terbaik dan terlaris serta menjadi kebanggaan Indonesia dilakukan oleh Raymond Chin, CEO dan Content Creator.

Dia mendirikan Revolusi Lokal untuk membantu dan mendukung UMKM di Indonesia yang dinilainya jadi komponen penting dalam Perekonomian di Indonesia.

Raymond Chin mendorong masyarakat Indonesia untuk meningkatkan konsumsi produk lokal tanpa melarang produk luar. Ini memungkinkan masyarakat untuk tetap memiliki akses ke berbagai produk dari berbagai merk, termasuk merk luar negeri.

Dikatakan Raymond Chin, penting untuk mencari keseimbangan yang tepat antara melindungi produk lokal dan mempertahankan akses terhadap pasar global.

Baca juga : Dukung Revolusi Lokal, Menteri Teten Ajak Masyarakat Bangga Pakai Produk UMKM

"Hal ini juga memerlukan keterlibatan aktif dari para pemangku kepentingan, seperti produsen, konsumen, dan Pemerintah, untuk memastikan bahwa regulasi yang diterapkan mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lingkungan bisnis yang sehat," kata Raymond Chin di pembukaan Revolusi Lokal di Senayan Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Revolusi Lokal mendapat dukungan penuh dari Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM, Teten Masduki, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

"Kita bikin gerakan non profit buat siapapun yg mau ikut, intinya lokal butuh apa. Diedukasi, disuport dibina. Revolusi karena kita harus berani fight, naik ke atas bukan turun ke bawah," kata Raymond Chin.

"Mimpi besar kami, di Indonesia Emas 2045, produksi lokal, warga lokal, bisa menjadi tuan rumah di tanah air kita sendiri," tambah Raymond Chin.

Baca juga : Daya Beli Turun, Pelaku Usaha Tahan Produksi

Inisiatif Raymond Chin dan beberapa anak muda penggerak Revolusi Lokal mendapat dukungan dari Menteri Koperasi UKM. Karena gerakan Revolusi Lokal menjadi sebuah momentum aksi nyata keberpihakan terhadap produk UMKM lokal di tengah serbuan produk impor.

"Apalagi, Indonesia memiliki potensi pasar yang besar dan diperkirakan menjadi negara maju pada 2045," ungkap Teten Masduki saat pembukaan Revolusi Lokal bertema Era baru pahlawan UMKM lokal, di Jakarta, Jumat (10/11).

"Saya ikut bangga karena gerakan Revolusi Lokal ini merupakan insiatif dari anak muda. Bukan soal gagah-gagahan bernasionalisme. Namun, kita memang punya market besar dan daya beli cukup baik. Jangan sampai jadi ironi, banyak market tapi justru pasar dikuasai produk asing," tambah Teten Masduki.

Selain Teten Masduki, Menparekraf Sandiaga Uno juga mengapresiasi Revolusi Lokal yang diinisiasi anak-anak muda kreatif. "Kita harus kreatif. Kemenparekraf mendukung penuh gerakan ini," tandas Sandiaga Uno.

Baca juga : Meningkat 135 Persen, SnackVideo Terbukti Ampuh Promosikan Produk UMKM

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.