Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Malaysia Airlines Resmi Buka Rute Kuala Lumpur-Bandara Kertajati

Senin, 13 November 2023 18:30 WIB
Malaysia Airlines Resmi Buka Rute Kuala Lumpur-Bandara Kertajati

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura/AP II bersama stakeholder serta didukung Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan terus mengoptimalkan Bandara Kertajati.

Hasilnya menggembirakan, AP II mencatat, tingkat keterisian penumpang pesawat atau load factor di Bandara Kertajati meningkat dalam 10 hari terakhir.

Trend peningkatan ini terjadi sejak Bandara Kertajati resmi menerima perpindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung mulai 29 Oktober 2023.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, tren peningkatan tidak hanya pada jumlah penumpang pesawat, namun juga dirasakan di volume angkutan kargo.

Sejak 29 Oktober 2023, load factor terus meningkat mulai dari 50-60 persen hingga mulai 1 November 2023 load factor menyentuh 70-75 persen.

Baca juga : Tingkatkan Pelayanan, Pelita Air Tambah Rute ke Banjarmasin

Adapun load factor sekitar 70 persen mencerminkan operasional yang positif bagi maskapai.

Muhammad Awaluddin mengatakan tren peningkatan load factor ini menandakan bahwa Bandara Kertajati diminati masyarakat dan maskapai mampu mengakomodir kebutuhan itu.

“Angka ini cukup positif bagi maskapai. Bandara Kertajati diminati masyarakat, dan AP II bersama maskapai akan terus berupaya untuk meningkatkan load factor ini ke depannya,” ujar Muhammad Awaluddin.

Dikatakan, masyarakat Jawa Barat merasakan kemudahan akses menuju atau dari Bandara Kertajati karena adanya Tol Cisumdawu dan berbagai moda transportasi darat.

"Ini menjadi salah satu faktor pendorong terus meningkatnya load factor," katanya.

Baca juga : AirAsia Siap Layani Rute Internasional Dan Domestik Dari Bandara Kertajati

Dijelaskan, jalan Tol Cisumdawu membuat Bandung yang merupakan Ibu Kota Jabar semakin dekat dengan Bandara Kertajati.

Lewat tol tersebut, durasi perjalanan dari antara Bandung - Bandara Kertajati hanya sekitar 1 jam dengan mobil pribadi, dan 1 jam 30 menit dengan bus.

Sementara itu dari sisi jumlah penumpang pesawat, saat ini Bandara Kertajati melayani berkisar 2.160 penumpang hingga mencapai 3.000 penumpang.

“Pada hari biasa, jumlah penumpang mencapai 2.160 penumpang per hari. Untuk akhir pekan dapat mencapai di atas 3.000 penumpang, seperti misalnya pada Jumat 3 November yang mencapai 3.612 penumpang. AP II dan maskapai akan terus berupaya meningkatkan jumlah penumpang,” ujar Muhammad Awaluddin.

Adapun pada hari ini, Senin 13 November 2023, maskapai Malaysia Airlines membuka penerbangan Bandara Kertajati - Kuala Lumpur dan sebaliknya.

Baca juga : Menhub Ajak Pemda di Jabar Aktif Sosialisasikan Kesiapan Bandara Kertajati

Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda mengatakan penerbangan dari Kuala Lumpur mendarat di Bandara Kertajati pukul 19.50 WIB, dan dari Bandara Kertajati berangkat ke Kuala lumpur pukul 20.50 WIB.

“Penumpang pesawat di penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur ini didominasi wisatawan dan pebisnis. Ada dua maskapai yang mengoperasikan rute ini, yaitu AirAsia dan Malaysia Airlines," katanya.

Nuril Huda mengatakan, Jawa Barat menjadi destinasi favorit bagi wisatawan Malaysia.

"Dan Bandara Kertajati akan menyambut para wisman dengan baik didukung fasilitas pelayanan dan penunjang yang sangat lengkap,” ujar Nuril Huda.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.