Dark/Light Mode

Namanya Kinclong Di Bursa Cawapres

Kang Emil Tegak Lurus Sama Partai Beringin

Sabtu, 15 Juli 2023 07:45 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ridwan Kamil. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ridwan Kamil. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ridwan Kamil menjamin tidak bakal tergoda ikut kontestasi Pilpres 2024. Dia akan tegak lurus dengan perintah partainya. Sekalipun, namanya masuk bursa Cawapres 2024 dan digoda PDI Perjuangan (PDIP) sebagai salah satu orang yang tepat mendampingi Capres Ganjar Pranowo.

"Dari pengalaman, yang na­manya survei, tidak selalu men­jadi takdir akhir. Ada dulu sur­veinya kecil, tiba-tiba menang," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini, di Jakarta, kemarin.

Diketahui, survei terkini dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menempatkan Kang Emil di posisi kedua bursa Cawapres dengan elektabilitas sebesar 13,5 persen. Di posisi pertama Menteri BUMN, Eirck Thohir dengan angka 14,3 persen. Di po­sisi ketiga, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di angka 9,9 persen.

Baca juga : Kembali Unggul Di Survei Cawapres, Erick Makin Leading

Soal bursa Cawapres, Kang Emil berkelakar bahwa elektabilitas tidak selamanya berbanding lurus dengan realita. Dia belajar dari suksesi Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang dipi­lih Presiden Joko Widodo saat injury time. Nama Kiai Ma’ruf di Pilpres 2019 kurang dikenal di bursa Cawapres.

“Saya selalu kutip. Pak Ma’ruf Amin, kan nggak ada surveinya. Nggak ada balihonya. Jadi, rute menuju takdir itu macam-macam. Tidak selalu matematik," kela­karnya.

Sebagai kader Partai Golkar, Gubernur Jawa Barat ini mengaku mendukung penuh Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto menjadi kandidat Pilpres 2024. Apakah itu sebagai Capres mau­pun Cawapres. Hal itu, selaras dengan amanat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Golkar 2023.

Baca juga : Beringin Terlalu Berisiko

Ditegaskan, seluruh kader Beringin ini telah bulat mendu­kung Airlangga. Soal elektabili­tas Menko Perekonomian itu di bursa Pilpres 2024 yang masih rendah, masih ada waktu untuk mendongkraknya.

"Per hari ini tetap mengusung Pak Airlangga sebagai Capres atau Cawapres. Kan masih ada waktu. Tidak bisa semua diten­tukan di bulan Juli,” ungkapnya.

Kang Emil memastikan, dukungan Partai Golkar kepada Ketum Airlangga tidak perlu diragukan. Semuanya satu suara menjalankan amanat Rakernas. Meskipun sempat terjadi dinamika di ruang publik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.