Dark/Light Mode

Saking Girangnya, Kakek Rela Ngelap Badan Kereta

36 Tahun Tak Dilewati KA, Warga Antusias Sambut Uji Coba Jalur Cibatu-Wanaraja

Selasa, 8 Oktober 2019 12:15 WIB
Direktur Utama KAI Edi Sukmoro (tengah) bersama warga di lintas
Direktur Utama KAI Edi Sukmoro (tengah) bersama warga di lintas

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Garut, Jawa Barat sangat antusias menyambut rencana PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI untuk mengaktifkan kembali (reaktivasi) jalur kereta api (KA) Cibatu-Garut, yang mangkrak sejak 36 tahun silam.

Sejak tahun 1983, baru kali ini suara lokomotif terdengar kembali di wilayah itu.

Ibu-ibu dan bapak-bapak yang diajak masuk Kereta Khusus dalam acara uji coba jalur tersebut, tampak sangat gembira. Mereka menyanyikan lagu "Naik Kereta Api" sambil tepuk tangan, dipandu masinis.

Ekspresi kegembiraan lainnya, terlihat dari aksi seorang kakek, yang mengelap badan KA sebagai wujud syukur karena Wanaraja akhirnya kembali dilewati kereta setelah jauh melampaui seperempat abad.

Baca juga : BI Akan Pantau Sepak Terjang Bisnis Fintech

Uji coba lintas Cibatu – Wanaraja sejauh 9,2 km pada jalur reaktivasi Cibatu – Garut sepanjang 19,5 km itu dilakukan KAI pada Minggu (29/9).

Menurut Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, uji coba dengan lokomotif seri CC 201 berjalan lancar dengan kecepatan 10 km/jam.

Uji coba tersebut kemudian dilanjutkan dengan pengecekan menggunakan kereta kerja, pada Selasa (1/10). “Dua kali perjalanan uji coba dari Stasiun Cibatu melewati jembatan Cikoang, Stasiun Pasir Jengkol, jembatan Citameng dan Stasiun Wanaraja berjalan dengan lancar, ” ungkap Edi.

Baca juga : Menperin Jamin Tak Matikan Industri Kecil

Saat ini, pembangunan jalur KA Cibatu-Wanaraja telah selesai dilakukan. Sedangkan untuk pembangunan Stasiun Wanaraja, masih terus dikerjakan.

"Targetnya, awal tahun 2020, masyarakat sudah bisa menikmati perjalanan dari Garut menuju Bandung, Jakarta, atau menuju ke wilayah lainnya," ujar Edi.

Ia menambahkan, proses reaktivasi jalur Cibatu – Garut dimulai dengan pendataan pada September 2018. Akhir September 2019, sudah mulai diuji coba.

Edi mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah sangat kooperatif, untuk bersama-sama mewujudkan kembali aktifnya jalur ini.

Baca juga : Presiden Angkat Didik Madiyono jadi Dewan Komisioner LPS

Reaktivasi jalur Cibatu – Garut diharapkan akan semakin meningkatkan perekonomian wilayah Garut, yang banyak menghasilkan produk khas, dan juga dikelilingi tempat wisata yang menarik. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.