Dark/Light Mode

Kampanye 11.11 Shopee Dongkrak Transaksi Hingga 7 Kali Lipat Brand Lokal dan UMKM

Selasa, 14 November 2023 18:58 WIB
Shopee mencatat kenaikan transaksi hingga 7 kali lipat brand lokal dan UMKM pada puncak kampanye Shopee 11.11 dibandingkan pada transaksi hari biasa. (Ilustrasi Istimewa)
Shopee mencatat kenaikan transaksi hingga 7 kali lipat brand lokal dan UMKM pada puncak kampanye Shopee 11.11 dibandingkan pada transaksi hari biasa. (Ilustrasi Istimewa)

 Sebelumnya 
“Brand lokal dan UMKM yang bisa merangkul tren belanja konsumen ini akan memiliki peluang besar untuk pertumbuhan bisnis yang signifikan,” ujar Monica.

Antusiasme partisipasi penjual lokal turut mendukung kampanye 11.11 Big Sale dalam menghadirkan kelengkapan produk variatif dari berbagai kategori.

Secara tidak langsung menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat berburu berbagai produk incaran lokal dan UMKM. Khususnya pada kategori kecantikan, fashion, GayagHiduhidup yang ternyata mendapat perhatian spesial di hati konsumen sepanjang kampanye berlangsung.

Selain itu, sambung Monica, program Ekspor Shopee bukan hanya pintu gerbang untuk membuka kesempatan baru, namun juga alat untuk memperkuat strategi bisnis.

Tentunya para brand lokal dan UMKM akan dibimbing melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor mengenai bagaimana memahami tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global, sambil mengoptimalkan platform e-commerce Shopee sebagai strategi ke depannya.

Baca juga : Top! UMKM Pertamina Raup Transaksi Hingga Rp 3,36 Miliar di Pameran Inacraft

“Kami harap melalui program inovatif yang Shopee hadirkan dapat dengan senantiasa membantu para brand lokal dan UMKM semakin maju,” lanjut Monica.

Berkomitmen untuk menghubungkan pembeli dan penjual lebih dekat, ragam fitur seperti Shopee Live menawarkan solusi melalui interaksi dan komunikasi langsung secara real-time.

Hal ini memungkinkan pembeli untuk bertanya tentang produk, dan bahkan melihat demonstrasi produk secara lebih jelas demi meningkatkan kepercayaan menjadi daya tarik tersendiri.

Antusiasme ini terlihat dari peningkatan jumlah sesi Shopee Live yang dihadirkan oleh brand lokal dan UMKM pada puncak kampanye hingga 6 kali lipat.

“Aspek ini semakin menunjukan lewat live streaming kini telah menjadi wadah untuk penjual dalam membangun komunitas dengan para pelanggan,” katanya.

Baca juga : GoCorp Business Report 2023 Dorong Peningkatan Usaha Hingga 3 Kali Lipat

Lalu program lain yang semakin digemari oleh masyarakat yaitu Shopee Affiliate Program yang kini turut membantu penjual lebih efektif dalam memperluas jangkauan melalui kolaborasi bersama para kreator.

Mendorong peningkatan eksistensi brand lokal sekaligus memberikan kemudahan untuk pengguna dalam berbagi inspirasi produk ternyata menjadi ladang baru untuk penghasilan tambahan.

“Di puncak kampanye 11.11 ini, semakin banyak penjual yang merasakan manfaat dan keuntungan dari program ini, di mana tercatat peningkatan jumlah produk dari brand lokal dan UMKM yang telah dipromosikan melalui Shopee Affiliate sebanyak lebih dari 9 kali lipat,” tuturnya.

Mitra Brand Lokal

Di sisi lain, keunggulan dan keuntungan yang dihadirkan selama 11.11 Big Sale berlangsung, menjadi kekuatan yang saling menguntungkan antara Shopee dan penjual.

Salah satunya, dampak positif yang dirasakan bagi mitra brand lokal Benang Jarum, dan NAMA Beauty. Bukan hanya produknya yang mumpuni, namun para mitra brand lokal ini merasakan antusiasme yang luar biasa dari pengguna saat memanfaatkan promo spesial khususnya pada puncak kampanye 11.11 Big Sale pada Sabtu lalu.

Baca juga : Gelar Lelang Aset, BSI Targetkan Transaksi Hingga Rp 150 Miliar

Dapat dilihat bagaimana brand fesyen lokal, Benang Jarum berhasil mencatatkan peningkatan transaksi hingga lebih dari 93 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Co-Founder Benang Jarum Allyssa Hawadi mengatakan, bergabung bersama Shopee sejak tahun 2020, kampanye 11.11 Big Sale menjadi salah satu strategi efektif yang memang dimanfaatkan.

Sebagai pelaku usaha di bidang fesyen, kolaborasi ini bukan hanya membuka kesempatan bagi pertumbuhan bisnisnya hingga saat ini, tetapi juga menciptakan peluang berkelanjutan sehingga brand lokal semakin diakui dan dikenal masyarakat luas.

“Kami harap ke depannya Shopee akan selalu menghadirkan inovasi untuk mendukung kami mencapai kesuksesan bersama,” ujar Allyssa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.