Dark/Light Mode

2 Tahun Terapkan Yantek Optimization

PLN UIN Jakarta Raya Komit Tingkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Digitalisasi

Kamis, 16 November 2023 17:27 WIB
General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran (bediri). (Foto: PLN UID Jakarta Raya)
General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran (bediri). (Foto: PLN UID Jakarta Raya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam dua tahun terakhir, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya telah mengimplementasikan Yantek (Pelayanan Teknik) Optimization sebagai strategi utama untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui digitalisasi. Pendekatan ini berhasil membawa perubahan positif dalam layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Melalui Yantek Optimization, pelanggan bisa langsung memonitor sejauh mana laporan atas keluhannya ditanggapi dan diselesaikan PLN melalui aplikasi PLN Mobile. Pada Oktober 2023, tercatat keluhan pelanggan PLN bisa diselesaikan dalam waktu rata-rata 39,12 menit, yang lebih baik dibanding target. Durasi ini juga lebih singkat dari waktu ke waktu.

Baca juga : Di Hadapan Ratusan Wisudawan, Rektor Unsada Ingatkan Ketatnya Persaingan Kerja

Budaya Yantek Optimization adalah konsep yang mengintegrasikan teknologi, inovasi, dan optimalisasi proses bisnis guna mencapai hasil terbaik. 

General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran, saat memimpin apel siaga cuaca ekstrem di Rumah Pompa Waduk Pluit, Jakarta Utara, Selasa (14/11) pagi, memberikan arahan kepada para petugas Yantek untuk secara konsisten menerapkan Yantek Optimization. Sebab, pelayanan cepat kepada pelanggan adalah yang utama.

Baca juga : Mahfud Ingatkan Relawan Jangan Takut Diintimidasi

"Yantek Optimization itu budaya di internal PLN. Pelanggan bisa merasakan manfaatnya melalui PLN Mobile. Pelanggan bisa lapor dan cek sendiri sampai mana laporannya tertangani seperti kita kalau pesan ojek online," ungkap Lasiran, dalam keterangan tertulis, Kamis (16/11).

Dia menambahkan, penerapan 'Yantek Optimization adalah langkah konkret PLN untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan. PLN bisa mengukur kinerja petugas pelayanan teknik sehingga memacu petugas untuk memberikan performa terbaiknya dalam melayani pelanggan.

Baca juga : Berdayakan UMKM, Bazar HLN ke-78 PLN UID Jakarta Raya Berlangsung Meriah

"Harapannya, melalui penerapan Yantek Optimization, PLN dapat terus meningkatkan kepuasan pelanggan serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia," ucap Lasiran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.