Dark/Light Mode

Di Hadapan Ratusan Wisudawan, Rektor Unsada Ingatkan Ketatnya Persaingan Kerja

Kamis, 16 November 2023 17:12 WIB
Rektor Universitas Darma Persada Unsada, Dr. Agus Salim Dasuki saat menghadiri pelepasan ratusan wisudawan Unsada di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah TMII, Jakarta, Kamis (16/11/2023). (Foto: Istimewa)
Rektor Universitas Darma Persada Unsada, Dr. Agus Salim Dasuki saat menghadiri pelepasan ratusan wisudawan Unsada di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah TMII, Jakarta, Kamis (16/11/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rektor Universitas Darma Persada (Unsada), Dr. Agus Salim Dasuki mengingatkan kepada seluruh mahasiswanya yang telah diwisuda untuk cepat beradaptasi dengan dunia kerja.

Hal itu disampaikan Agus Salim saat menghadiri pelepasan ratusan wisudawan Unsada di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (16/11/2023).

Kata Agus, saat ini persaingan kerja sangat ketat. Ribuan wisudawan dari seluruh universitas ikut antre menunggu giliran menjajal jenjang yang lebih serius.

"Kalian akan memasuki dunia nyata yang penuh dengan persaingan dan perjuangan," kata Agus Salim, dalam pidatonya di hadapan ribuan wisudawan Unsada.

Baca juga : Di Hadapan Ribuan CPMI, Wakil Ketua MPR Jempolin Kinerja BP2MI

Apalagi pasca pandemi Covid-19, yang menuntut masyarakat untuk mengerahkan semua kemampuan dan pikirannya.

"Saat ini kita memasuki era 4.0, bahkan 5.0. Kalian dituntut mengerahkan semua kemampuan dan pikiran agar dapat berkiprah di masyarakat, dan bersaing dengan lulusan-lulusan universitas lain," ucapnya.

Kendati demikian, Agus meyakini jebolan Unsada mampu menjawab ekspektasi tersebut. Terutama, bagi mereka yang berniat berkecimpung di dunia industri.

"Dengan gabungan spektrum budaya, iman dan taqwa, saya yakin kalian bisa bersaing untuk terjun ke dunia yang sebenarnya," tambah Agus.

Baca juga : Fadel Tekankan Link And Match Perguruan Tinggi Dan Dunia Kerja

Hingga kini Unsada telah meluluskan sebanyak 12.400 mahasiswa. Banyak dari mereka yang berkontribusi di instansi Pemerintah, swasta dan industri dalam maupun luar negeri.

"Pencapaian tersebut tidak terlepas dari peran dan dukungan dari para dosen Unsada," beber dia.

Agus merinci, Unsada memiliki 145 dosen. 40 di antaranya bergelar doktor. Karena pengabdian mereka, ditegaskan Agus, skema perkuliahan di Unsada berjalan optimal.

"Kita siap berkiprah dan bersaing dalam kehidupan nyata yang produktif, dan menjadi landasan hukum yang membangun karir serta berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara," terang Agus.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Dan Ratusan Warga Kupang Doakan Kemenangan Ganjar-Mahfud

Adapun yang diwisuda kali ini berjumlah 909 orang. Yaitu 328 orang dari Fakultas Bahasa dan Budaya, 279 Fakultas Teknik, 15 Fakultas Teknologi dan Kelautan, 278 Fakultas Ekonomi, dan sembilan dari Sekolah Pascasarjana.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.