Dark/Light Mode

2025, Energi Baru Terbarukan  Ditargetkan Capai 23 Persen 

Rabu, 9 Oktober 2019 12:19 WIB
Humas  Ditjen EBTKE Kementerian ESDM sosialisasi Energi Baru Terbarukan
Humas Ditjen EBTKE Kementerian ESDM sosialisasi Energi Baru Terbarukan

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menargetkan bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) dapat mencapai 23 persen pada 2025 mendatang. 

Guna mengejar target itu pemerintah terus menggenjot proyek pembangkit listrik dari energi terbarukan. 

Direktur Aneka Energi Baru Terbarukan Ditjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Harris, 23 persen bauran energi nasional akan berasal dari EBT. 

Baca juga : 2014-2018, Investasi Pertanian Naik 150,7 Persen

Komitmen ini dinyatakan jelas dalam Kebijakan Energi Nasional di tahun 2025.

Untuk mencapai target tersebut sejumlah program telah disusun dan ditetapkan dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). 

"EBT itu banyak jenisnya, salah satunya energi surya. Dengan adanya potensi energi surya di Indonesia diharapkan dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam mencapai target bauran EBT nasional," kata Harris di Bogor, Selasa (8/10). 

Baca juga : Dua Serikat Buruh Terbesar Tak Mau Pelantikan Jokowi Terganggu

Harris mengakui saat ini pemanfaatan energi surya baru mencapai 0,05 persen dari potensi yang ada. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya mendorong pemanfaatan energi surya secara optimal dengan melibatkan seluruh stakeholder. 

"Ini bagian upaya pelaksanaan kebijakan #EnergiBerkeadilan," akunya.

Hingga saat ini, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Dan Energi telah memetakan potensi pemanfatan energi surya dari beberapa klaster potensial. 

Baca juga : Diperluas, Bandara Hasanuddin Makassar Ditargetkan Tampung 15 Juta Penumpang

"Antara lain Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik, sektor pertambangan, sektor migas, sektor wisata dan lain-lain. Salah satu klaster yang potensinya cukup besar yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap sebesar 2,98 GW," tutupnya.( UMM)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.