Dark/Light Mode

Wujudkan Rantai Pasok Tangguh Dan Kompetitif

Top, Menko Airlangga Teken Perjanjian Rantai Pasok Pertama Di Dunia

Senin, 20 November 2023 07:20 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat menandatangani Perjanjian Rantai Pasok pada Indo-Pacific Ekonomic Framework Minister Meeting (IPEF-MM) Ketiga di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (14/11).
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat menandatangani Perjanjian Rantai Pasok pada Indo-Pacific Ekonomic Framework Minister Meeting (IPEF-MM) Ketiga di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (14/11).

 Sebelumnya 
“Sehingga sebetulnya tu­runan dari IPEF itu ada empat perjanjian. Dengan demikian, sebetulnya ini menjadi salah satu standar daripada perdagangan, investasi, dan ekonomi yang lebih tinggi, lebih berkeadilan, anti korupsi, transparan, dan juga ada good regulatory practice,” ungkap Menko Airlangga.

Lebih lanjut Menko Airlangga menyampaikan terdapat fasilitasi pembiayaan yang disiapkan mela­lui IPEF, termasuk melanjutkan komitmen Just Energy Transition Partnership (JETP) dan Partner­ship for Global Infrastructure and Investment (PGGII), dimana Indonesia sudah diberikan prioritas dari tujuh negara yang akan memperoleh fasilitasi mengenai semikonduktor.

Baca juga : Menko Perekonomian Airlangga Teken Perjanjian Rantai Pasok Pertama Di Dunia

Terkait dengan critical minerals, Menko Airlangga menga­takan bahwa hal tersebut akan dilakukan pembahasan lebih lan­jut. Seluruh negara mitra IPEF telah sepakat meluncurkan criti­cal minerals dialogue untuk penguatan rantai pasok kede­pannya dan membuat lapangan pekerjaan di sektor energi bersih. Hal tersebut diharapkan akan memberikan keuntungan bagi produksi Electric Vehicle (EV) dan turunannya di Indonesia.

Mengungkap sejumlah man­faat keikutsertaan Indonesia dalam forum IPEF, Menko Air­langga menjelaskan bahwa sup­ply chain Indonesia akan menjadi bagian yang dianggap reliable, aman, standarnya sama, dan bisa masuk dalam supply chain global. “Kemudian yang kedua, critical minerals ini yang sedang juga akan dibahas di kuartal per­tama tahun depan,” ujar Menko Airlangga.

Baca juga : Relawan Orang Muda Ganjar Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak di Dusun Jombor

Diakhir sesi wawancara, Men­ko Airlangga juga menyinggung mengenai keikutsertaan Indone­sia di dalam forum APEC terkait dengan transisi energy, sustainability dan target Paris Agree­ment.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 20/11/2023 dengan judul Wujudkan Rantai Pasok Tangguh & Kompetitif, Top, Menko Airlangga Teken Perjanjian Rantai Pasok Pertama Di Dunia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.