Dark/Light Mode

Pemilu 2024 Tak Pengaruhi Target RI Jadi Negara Maju

Perbaiki Kualitas SDM, Investasi Dan Birokrasi

Jumat, 24 November 2023 07:10 WIB
Menteri Keuangan (Men­keu) Sri Mulyani saat acara Bisnis Indonesia Business Challenges, Hajatan Politik dan Arah Ekono­mi Bisnis 2024 di Jakarta, Kamis (23/11/2023). (Foto: Dok. Kemenkeu)
Menteri Keuangan (Men­keu) Sri Mulyani saat acara Bisnis Indonesia Business Challenges, Hajatan Politik dan Arah Ekono­mi Bisnis 2024 di Jakarta, Kamis (23/11/2023). (Foto: Dok. Kemenkeu)

 Sebelumnya 
Soal tahun politik, man­tan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, hajatan lima tahunan itu tidak boleh sampai mengganggu jalannya berbagai agenda hingga instru­men APBN.

Pada tahun politik, kata dia, Pemerintah akan fokus menye­lesaikan berbagai permasalahan dan membangun fondasi untuk menuju Indonesia high income country dan Indonesia Maju pada 2045.

Selain itu, Pemerintah juga harus membangun infrastruktur agar meningkatkan produktivi­tas, membangun nilai tambah di sektor industri dan memper­baiki iklim investasi melalui regulasi, serta kebijakan yang sederhana.

Baca juga : Indonesia Raih 2 Penghargaan di AMRDPE, Gus Halim: Ini Prestasi Luar Biasa

“Ini tema yang akan tetap ber­jalan, karena ini fondasi untuk mencapai Indonesia maju. Karenanya, Kementerian Keuangan akan terus melakukan berbagai langkah yang sifatnya jangka pendek untuk stabilisasi,” kata Sri Mulyani.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan, tantangan Indone­sia ke depan tidak mudah untuk mewujudkan Indonesia maju di tahun 2045.

Karena itu, Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa ber­satu untuk terus melaju mewu­judkan visi tersebut.

Baca juga : DPD APJI DKI Jakarta Bahas Inovasi Dan Kolaborasi Di Rakerda

Eks Wali Kota Solo itu mengakui, dalam menghadapi tantangan tersebut, pilihan kebijakan akan semakin sulit. Dibutuhkan keberanian dan kepercayaan mengambil keputusan yang sulit dan tidak populer.

Jokowi juga mengapresiasi peran dan dukungan semua pihak dalam menyelesaikan semua tantangan yang dihadapi Indonesia.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 24/11/2023 dengan judul Pemilu 2024 Tak Pengaruhi Target RI Jadi Negara Maju, Perbaiki Kualitas SDM, Investasi & Birokrasi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.