Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Valve TRK Raih Penghargaan Pada Forum Prosusi 2023 Kementerian ESDM

Minggu, 26 November 2023 06:49 WIB
PT Teknologi Rekayasa Katup TRK meraih penghargaan pada Forum Apresiasi Program Substitusi Impor Prosusi 2023, yang diadakan Ditjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM. (Foto: Ist)
PT Teknologi Rekayasa Katup TRK meraih penghargaan pada Forum Apresiasi Program Substitusi Impor Prosusi 2023, yang diadakan Ditjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Teknologi Rekayasa Katup (TRK) meraih penghargaan pada Forum Apresiasi Program Substitusi Impor (Prosusi) 2023, yang diadakan Ditjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Valve (katup, alat untuk mengontrol jumlah aliran fluida minyak dan gas) produksi TRK masuk sebagai barang operasi hulu migas yang dinilai mampu memenuhi spesifikasi, mutu, serta kebutuhan operasi migas. 

“Kami bangga atas capaian ini. Penghargaan yang diberikan Ditjen Migas Kementerian ESDM semakin memotivasi kami untuk terus berkarya dan berinovasi, untuk memenuhi kebutuhan operasi migas nasional,” ujar pemilik PT TRK, Soni, Sabtu (25/11/2023) dalam keterangannya.

Baca juga : Babak Baru Penunjukan Suhartoyo Gantikan Anwar Usman Di Posisi Ketua MK

Dalam Forum Apresiasi Program Substitusi Impor (Prosusi) 2023, Ditjen Migas memberikan penghargaan kepada produsen dalam negeri atas 14 kategori produk dan 3 kategori Kontraktor Kontrak Keja Sama (KKKS). Para penerima penghargaan dianggap telah memberikan kontribusi terbaik dalam mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri. 

Soni mengatakan, saat ini produk valve buatan PT Teknologi Rekayasa Katup sudah digunakan oleh sejumlah perusahaan KKKS seperti PT Pertamina Hulu Mahakam, British Petroleum, Medco, Mubadala, Pertagas, dan lainya. 

“Industri migas merupakan industri yang mengutamakan aspek Health, Safety, Security & Environment (HSSE). Kami bangga, produk kami bisa memenuhi kebutuhan mereka,” tambah Sony.

Baca juga : Capai TKDN Hingga 66 Persen, Medco E&P Raih Penghargaan Dari SKK Migas

Sementara itu, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariaji mengatakan, penghargaan ini diberikan karena perusahaan KKKS dan produsen dalam negeri terpilih telah berkolaborasi dan bersinergi untuk menggunakan produk dalam negeri, dan memastikan produknya mampu memenuhi spesifikasi, mutu, serta kebutuhan operasi migas. 

“Pemberian penghargaan ini tidak lepas dari amanat Peraturan Menteri ESDM Nomor 15 Tahun 2013 tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Peraturan Menteri ESDM Nomor 17 Tahun 2018 tentang Impor Barang Operasi," kata dia.

Kebijakan tersebut menjadi pedoman penggunaan produk dalam negeri dan pengawasan impor barang operasi pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi. 

Baca juga : Genjot Penggunaan Produk Dalam Negeri, Pertamina EP Raih Penghargaan Kementerian ESDM

"Dengan demikian, kemampuan nasional diharapkan bisa ditumbuh kembangkan serta penggunaan produksi dalam negeri pada kegiatan usaha hulu migas dapat ditingkatkan di masa mendatang," lanjutnya.

Tutuka menjelaskan program Substitusi Impor bertujuan untuk membangun kerja sama antara seluruh pelaku kegiatan usaha hulu migas terhadap kemampuan dan kehandalan produk dalam negeri melalui beberapa core values, yakni inovatif, kolaboratir, dan handal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.