Dark/Light Mode

Kinerja Kuartal III 2023 Moncer, BNI Targetkan Tingkat Profitabilitas Lebih Optimal

Senin, 27 November 2023 19:46 WIB
Laba bersih BNI tumbuh sebesar 15,1 persen secara tahunan YoY, mencapai Rp15,8 triliun. (Foto: Ilustrasi BNI)
Laba bersih BNI tumbuh sebesar 15,1 persen secara tahunan YoY, mencapai Rp15,8 triliun. (Foto: Ilustrasi BNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI mampu membukukan kinerja kuartal ketiga tahun 2023 yang sehat.

Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom menyampaikan laba bersih BNI tumbuh sebesar 15,1 persen secara tahunan (YoY), mencapai Rp15,8 triliun, dan inline dengan market consensus.

Baca juga : Hadiri Rakernas LDII, Bamsoet Dorong Peningkatan Kualitas Demokrasi Indonesia

Pencapaian laba yang baik ini didukung oleh kinerja kredit yang mengalami akselerasi di kuartal ketiga, sehingga BNI mampu mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 7,8 persen YoY menjadi Rp671,4 triliun, didorong oleh ekspansi di segmen berisiko rendah, yaitu korporasi blue chip baik swasta dan BUMN, kredit konsumer, dan Perusahaan Anak.

Kualitas aset juga terus membaik, terlihat dari penurunan rasio Non Performing Loan (NPL) per September 2023 yang berada di level 2,3 persen membaik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 3,0 persen.

Baca juga : Bandara Kertajati Beroperasi Penuh, Menhub Pastikan Harga Tiket Pesawat Lebih Murah

Selain itu, rasio Loan at Risk (LaR) yang berada pada posisi 19,3 persen pada September tahun 2022 telah menunjukkan perbaikan ke posisi 14,4 persen pada September tahun ini.

Mucharom mengatakan, BNI berkomitmen untuk terus membukukan pertumbuhan berkualitas guna menghasilkan return yang optimal bagi para pemegang saham dalam jangka panjang.

Baca juga : Gelar Konferensi Dunia Bareng 24 Negara, FTUI Targetkan RI Bebas Karbon di 2060

"Dengan berbagai strategi penguatan fundamental kinerja, perseroan mendorong Return on Equity (ROE) dapat naik ke tingkat yang lebih positif ke depannya. Hingga September 2023, ROE BNI telah mencapai 15,5 persen, meningkat 30 bps YoY," ujar Mucharom dalam keterangannya, Senin (27/11/2023).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.