Dark/Light Mode

Kirim 8 Bandros Ke Jakarta, Menpora Haturkan Terima Kasih Kepada Ridwan Kamil

Sabtu, 20 Mei 2023 16:32 WIB
Bandung Tour on Bus alias Bandros saat digunakan dalam arak-arakan atlet SEA Games 2023 Kamboja di Jakarta pada Jumat (19/5). (Foto: Ist)
Bandung Tour on Bus alias Bandros saat digunakan dalam arak-arakan atlet SEA Games 2023 Kamboja di Jakarta pada Jumat (19/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menghaturkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil.

Sebab, mantan Wali Kota Bandung itu dengan sukarela mengirim delapan Bandung Tour on Bus alias Bandros untuk digunakan dalam arak-arakan atlet SEA Games 2023 Kamboja di Jakarta pada Jumat (19/5).

”Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Ridwan Kamil. Berkat kehadiran Bandros di Jakarta, ratusan atlet SEA Games 2023 Kamboja bisa pawai menggunakan bus terbuka dari kantor Kemenpora ke Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI)," kata Menpora Dito Ariotedjo di Jakarta, Sabtu (20/5).

Dito mengaku, Kemenpora sebelumnya sempat meminta supaya transjakarta menambah bus untuk dipakai kirab atlet SEA Games 2023.

Baca juga : BKS: Terima Kasih Semua, Mudik Aman Dan Berkesan

Namun, penambahan tersebut urung dilakukan lantaran yang tersedia adalah bus tertutup, sehingga kurang cocok bila dipakai untuk pawai.

”Kami awalnya mintakan tambahan ada sepuluh bus transjakarta. Tapi, busnya itu tertutup. Kurang cocok untuk pawai. Jadi, kami memilih Bandros,” jelas dia.

Sekadar informasi, Bandros sendiri merupakan bus wisata yang unik dan menarik. Saat merancang dan menghadirkan bus wisata itu di Bandung, Ridwan Kamil terinspirasi San Francisco Tram dan bus merah di London, Inggris.

Sukses menjadi magnet wisata di Bandung, ketika dipercaya menjadi gubernur Jawa Barat, ide menghadirkan bus wisata serupa Bandros ditularkan oleh pria yang akrab dipanggil RK itu ke berbagai daerah di Jawa Barat. Sehingga bus wisata seperti Uncal milik Pemkot Bogor pun lahir.

Baca juga : Kasus Teddy Minahasa, Pengacara Heran Tak Ada Hasil Uji Lab Perbandingan

Sementara, dalam kirab yang berlangsung meriah itu, Bandros dan Uncal turut digunakan untuk mengarak ratusan atlet SEA Games 2023 Kamboja.

Momen ini tentu saja menjadi langka karena tak hanya sekedar arak-arakan. Masyarakat juga bisa melihat, dan berinteraksi dengan para atlet.

”Alhamdulillah kami bisa menemukan Bandros. Ternyata Jawa Barat memiliki banyak sekali,” tutur Dito.

Menurut Dito, raihan gemilangan para atlet yang tampil di SEA Games 2023 Kamboja patut diapresiasi. Apalagi mereka melampaui target yang telah dipatok.

Baca juga : PM Jepang Ke Korsel, Eratkan Kerja Sama Demi Hadang Korut

"Salah satu bentuk apresiasi dari Kemenpora adalah menyelenggarakan kirab atau arak-arakan atlet berbagai cabang olahraga. Sehingga masyarakat bisa melihat langsung atlet yang telah mengharumkan nama bangsa," tandasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.