Dark/Light Mode

Komisi III DPR: Tanam 1 Juta Pohon Langkah Nyata Polri Atasi Perubahan Iklim

Rabu, 23 Agustus 2023 11:40 WIB
Gerakan penanaman 1 juta pohon yang dilakukan Polri. (Foto: Istimewa)
Gerakan penanaman 1 juta pohon yang dilakukan Polri. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi III DPR Cucun Ahmad Syamsurijal mengapresiasi langkah Polri melakukan penanaman 1 juta pohon hingga Oktober mendatang. Langkah ini merupakan aksi nyata insan Bhayangkara dalam meminimalkan dampak bencana akibat perubahan iklim yang kian tinggi intesitasnya dalam beberapa waktu terakhir.

“Kami memberikan apresiasi tinggi terhadap langkah nyata Polri dalam ikut memecahkan berbagai masalah sosial kemasyarakat seperti perubahan iklim. Langkah jajaran Polri dalam menanam 1 juta pohon ini sama dengan kesigapan mereka saat menjadi ujung tombak pada masa Pandemi Covid-19 lalu,” ujar Cucun Ahmad Sjamsurijal, di sela kegiatan penanaman 42 ribu pohon di Taman Hutan Raya, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung yang dipimpin langsung Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Rabu (23/8).

Polri mengelar operasi bertajuk Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini. Salah satu bentuk kegiatannya adalah penanaman 1 juta pohon yang digelar secara serentak di 34 wilayah Polda se-Indonesia. Ditargetkan penanaman pohon ini akan tuntas Oktober mendatang.

Baca juga : Visi Hankamnas Ganjar Pranowo Sangat Maju, Purnawirawan TNI-Polri Beri Dukungan

Cucun mengatakan, saat ini dampak negatif perubahan iklim kian dirasakan banyak orang. Mulai dari kian tingginya intensitas bencana hidrometeorologi, cuaca ekstrim, hingga ketidakjelasan musim belakangan ini telah memicu banyak korban.

“Banyak warga kita yang menjadi korban akibat bencana hidrometeorologi, bahkan banyak petani kita yang saat ini kebingungan karena ketidakjelasan musim tanam karena dampak perubahan iklim,” ujar Wakil Ketua Badan Anggaran DPR ini.

Situasi tersebut, kata Cucun, harus menjadi perhatian semua kalangan agar bersama-sama melakukan aksi nyata dalam meminimalkan dampak negatif dari bencana perubahan iklim. Menurutnya langkah dari Polri dengan menanam 1 juta pohon menjadi langkah awal yang bisa diikuti oleh elemen masyarakat lain.

Baca juga : Kompolnas Sarankan Polri Undang Keluarga Korban Ikuti Rekonstruksi

“Isu perubahan iklim ini telah menjadi perbincangan dan diskusi, tetapi yang lebih penting lagi menurut kami adalah aksi nyata. Langkah penghijauan oleh jajaran Polri harus diikuti oleh elemen lain sehingga bisa menjadi aksi bersama,” ujarnya.

Legislator asal Kabupaten Bandung memberikan apresiasi khusus kepada Kapolda Jawa Barat Irjen Akhmad Wiyagus yang turun langsung memimpin aksi penanaman pohon di Taman Hutan Raya, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Diharapkan penenaman ribuan bibit pohon akan menambah ruang terbuka hijau yang memberikan manfaat bagi warga Kabupaten Bandung dan sekitarnya.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada Muspida Kabupaten Bandung terutama pada Kapolresta Bandung Kombes Pol H Kusworo Wibowo dan Bupati Bandung H M Dadang Supriatna yang ikut memastikan proses penanaman pohon berjalan baik. Tentu kami berharap mereka akan melakukan proses pemeliharaan sehingga pohon yang ditanam bisa tumbuh dengan baik,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.