Dark/Light Mode

Peruri Dorong UMKM Go Global Lewat Optimalisasi Teknologi Digital

Kamis, 30 November 2023 20:16 WIB
Peruri menggelar seminar digital dengan tema lUMKM Go Digital yang digelar di Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta Selatan. (Foto: Dok. Peruri)
Peruri menggelar seminar digital dengan tema lUMKM Go Digital yang digelar di Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta Selatan. (Foto: Dok. Peruri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peruri sebagai perusahaan penjamin keaslian dan salah satu penyedia produk dan infrastruktur digital, berinisiasi menyelenggarakan “Digitalk: Digital Connect”.

Acara seminar digital dengan tema “UMKM Go Digital: Sekedar Tren atau Modal Sukses Masa Depan?” ini digelar di Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan ini sebagai bentuk nyata kepedulian Peruri memajukan perekonomian negara, khususnya bagi UMKM, juga sejalan dengan Program Gerakan Nasional Literasi Digital Indonesia.

Dalam acara ini Peruri bekerja sama dengan Big Alpha menghadirkan narasumber dari Shopee Indonesia, Sevenpreneurs, dan Jasa Marga.

Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengelola bisnis yang lebih efektif, serta memberikan edukasi tentang potensi dan risiko yang terkait dari penggunaan teknologi digital.

Baca juga : BSI Optimis Kinerja 2024 Tetap Kinclong

Selain itu, Peruri juga memperkenalkan layanan-layanan atau produk digitalnya yang dapat dioptimalkan oleh pelaku UMKM untuk mempermudah proses bisnis.

Di era digital saat ini, konsumen semakin bergantung pada internet untuk membeli produk atau mencari informasi.

Oleh karena itu, UMKM yang tidak memanfaatkan teknologi digital dapat kehilangan kesempatan untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing.

Salah satu keuntungan dari digitalisasi adalah memungkinkan UMKM untuk memperluas jangkauan pasar melalui pemasaran digital.

Senior Account Management Peruri Teguh Prasetyo menjelaskan, tantangan yang dihadapi UMKM dalam era digitalisasi seperti kemauan belajar dan beradaptasi.

Baca juga : Perbarui Logo, Bank Raya Komit Jadi Bank Digital BRI Group

Tantangan tersebut ialah kurangnya pengetahuan dan keahlian, keterbatasan sumber daya, dan masalah keamanan data.

“Oleh karena itu, UMKM harus mempersiapkan diri dengan baik dalam mengimplementasikan teknologi digital dan meningkatkan kemampuan mereka dalam memanfaatkannya secara optimal,” tutur Teguh dalam keterangannya, Kamis (30/11/2023).

Ia menambahkan, Peruri selaku BUMN memiliki keunggulan yang berfokus pada digitalisasi dengan statusnya yang sudah teruji sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE).

“Saat ini kami memiliki layanan Peruri SHIELD yang dapat digunakan oleh para UMKM seperti tanda tangan digital, stempel digital dan meterai elektronik dalam satu platform untuk membantu proses administrasi UMKM yang lebih cepat dan efisien,” tambah Teguh.

Ia menjelaskan, secara keseluruhan, teknologi digital dapat menjadi alat yang sangat efektif bagi UMKM untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar global.

Baca juga : Perpusnas Luncurkan Program Literasi Keluarga Berbasis Digital Mobile

UMKM dapat memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi operasional, dan meningkatkan kualitas produk dan layanan.

Sementara itu, POH Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL Peruri Evan Septantyo mengatakan acara Digitalk merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Nomor 4.

"Yaitu menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar untuk semua,” ujar Evan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.