Dark/Light Mode

Ekonomi Global Diramal Melambat

BSI Optimis Kinerja 2024 Tetap Kinclong

Selasa, 21 November 2023 07:20 WIB
Direktur Treasury  International Banking BSI Moh Adib. (Foto: Antara)
Direktur Treasury International Banking BSI Moh Adib. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) pede kinerja 2024 tetap kinclong alias positif seperti tahun ini, meskipun kondisi ekonomi global diproyeksi alami perlambatan.

BSI membeberkan dasar opti­misme tersebut. Pertama, memi­liki nasabah terbesar kelima di Indonesia yaitu sebanyak 19,22 juta, atau tumbuh 10,9 persen secara year on year (yoy) hingga kuartal III-2023.

Menurut Direktur Treasury & International Banking BSI Moh Adib, jumlah nasabah merupa­kan kekuatan fundamental BSI yang akan menjadi penopang kinerja perseroan.

Baca juga : Prospek BBTN Kinclong

Kedua, BSI kuat dalam pem­biayaan konsumer. “Hingga September 2023, BSI telah me­nyalurkan pembiayaan sebesar Rp 232 triliun tumbuh 15,94 persen yoy. Segmen konsumer mendominasi, yaitu sebesar Rp 117,92 triliun,” kata Adib di Jakarta, Sabtu (18/11).

Dan ketiga, BSI sangat mem­perhatikan segmen UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah). Bahkan hingga September 2023, dari pembiayaan berkelanjutan di BSI yang mencapai Rp 53,6 triliun, sebesar Rp 43,4 triliun diserap segmen UMKM.

Adib bilang, untuk mendu­kung perputaran roda ekonomi di sektor riil, BSI terus men­dukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, dengan harapan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Baca juga : Sri Mul Happy, Sistem Keuangan Kita Terjaga

Sementara dilihat dari Rasio Pembiayaan Inklusif Makro­prudensial (RPIM), sebesar 34,75 persen dari total pembiayaan BSI merupakan pembiayaan inklusif. Selain itu, BSI membangun jaringan UMKM Center di Aceh, Yogyakarta dan Surabaya, dengan total 2.526 nasabah binaan.

Faktor lainnya yang menopang optimisme perseroan, lanjut Adib, sejumlah strategi dalam melakukan transformasi digital. Hal ini dalam rangka memperkuat layanan perbankan syariah di era digital.

BSI Mobile saat ini sudah menjadi pilihan mayoritas para nasabah untuk bertransaksi. Se­banyak 97 persen nasabah sudah menggunakan BSI Mobile untuk transaksi harian mereka, dan hanya sekitar 3 persen nasabah yang masih datang ke cabang untuk bertransaksi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.