Dark/Light Mode

Gelar Pelatihan, Pemda Sintang Tingkatkan Kapasitas SDM Petani Kelapa Sawit

Jumat, 1 Desember 2023 12:13 WIB
Kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi.(Foto: Ilustrasi Istimewa)
Kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi.(Foto: Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi.

lndonesia sebagai penghasil terbesar di dunia, industri kelapa sawit telah menyediakan lapangan pekerjaan sebesar 16 juta tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, luas perkebunan kelapa sawit lndonesia mencapai angka 14,99 juta hektare (ha) pada 2022. Jumlah tersebut meningkat 2,49 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya seluas 14,62 juta ha.

Baca juga : Lestari: Keseimbangan Lingkungan Tekan Dampak Perubahan Iklim

Wakil Bupati Sintang Melkianus menyampaikan, untuk meningkatkan SDM tentu melakukan pelatihan-pelatihan sehingga ada regenerasi di dalam lingkup petani kelapa sawit.

Dalam konteks regenerasi ada beberapa hal yang dilakukan yaitu membangun kesadaran bersama.

“Pelatihan dan pendidikan tentunya diperkukan supaya regenerasi ini bisa melaksanakan pertanian kelapa sawit ini secara modern,” ungkap Melkianus dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (1/12/2023).

Baca juga : Keterbukaan Informasi Pemprov Tingkatkan Kesejahteraan dan Kualitas Demokrasi

Jika bicara mengenai keberlanjutan bisnis kelapa sawit, SDM di dalamnya tentu berperan sangat besar.

Pemda Sintang telah banyak melakukan pengembangan sumber daya manusia terhadap penggunaaan kelapa sawit, melakukan penyuluhan, pendidikan, pelatihan, dan pendampingan, serta memfasilitasi petani melalui kelembagaan kelompok tani.

“Pengembangan sumber daya manusia tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan juga proporsionalime, kemandirian, dedikasi pekebun tenaga pendamping dan masyarakat pekebun kelapa sawit lainnya,” jelas dia.

Baca juga : Relawan GPS For Ganjar-Mahfud Berikan Pelatihan Peluang Usaha Baru Di Kendal

Di Kabupaten Sintang, hasil kelapa sawit tentu amat berdampak pada perekonomian masyarakat.

"Adanya program-program dari pemerintah pusat tentunya akan sangat mendukung dan dirasakan manfaatnya bagi petani kelapa sawit di daerah," ujar Melkanius.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.