Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Ciptakan Inovasi Dan Program Handal

Pupuk Kaltim Borong Prestasi Di Ajang ISDA 2023

Rabu, 6 Desember 2023 19:54 WIB
Pupuk Kaltim kembali mendulang prestasi pada ajang Indonesian SDGs Award ISDA 2023, dengan memboyong 2 program kategori Platinum dan tiga program kategori Gold. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim kembali mendulang prestasi pada ajang Indonesian SDGs Award ISDA 2023, dengan memboyong 2 program kategori Platinum dan tiga program kategori Gold. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali mendulang prestasi pada ajang Indonesian SDGs Award (ISDA) 2023, dengan memboyong dua program kategori Platinum dan tiga program kategori Gold.

Penghargaan diterima Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman, dari Ketua Corporate Forum for CSR Development (CFCD) Thendri Supriatno, di Jakarta, Senin (4/12/2023).

Qomaruzzaman mengatakan, seluruh penghargaan itu menobatkan Pupuk Kaltim sebagai The Most Commited Corporate on SDGs for Environment Pillar 2023, untuk kategori Platinum diraih Pupuk Kaltim melalui program Konservasi Taman Laut dan Sarana Media Terumbu Karang (Kilau Samudera). Selain itu, Inovasi Kitosan dari Limbah Cangkang Rajungan (Intan Karang).

Baca juga : Catat! Ini Lho Janji Kampanye Dan Program Anies Untuk Nelayan Di Bengkulu

Sedangkan pada kategori Gold, diraih melalui program Gerakan Lindungi Mangrove Sebagai Budaya Jaga Alam dan Dunia (Gelimang Buana), Pengendalian dan Pencegahan Stunting (Pedalgas), serta Program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP).

"Khusus program Kilau Samudera, juga berhasil meraih predikat yang sama, yakni Platinum pada ISDA tahun lalu. Dan selama satu tahun terakhir, pelaksanaan program terus diperbaiki dan dikembangkan dalam upaya menjaga kelestarian ekosistem perairan di Kota Bontang," ujar Qomaruzzaman melalui siaran pers, Rabu (6/12/2023).

Ia menjelaskan, pada program ini, pihaknya melaksanakan rehabilitasi terumbu karang di perairan Kota Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) dengan melibatkan nelayan untuk berperan aktif pada kegiatan tersebut.

Baca juga : KTNA Kerahkan Petani Dukung Program Kementan Optimalisasi Lahan Rawa

Mulai 2017, kata Qomaruzzaman, Pupuk Kaltim menggandeng nelayan Selambai Kelurahan Loktuan Bontang Utara, yang merupakan salah satu kawasan terdekat perusahaan dengan nama Kelompok Kimasea.

Adapun, kelompok ini beranggotakan 16 nelayan, diberdayakan untuk pembuatan hingga penurunan media terumbu di kawasan Tobok Batang, yang merupakan area konservasi Pupuk Kaltim.

Selain itu, nelayan binaan ini merupakan mantan pelaku PITRAL (Penangkapan Ikan Tidak Ramah Lingkungan) seperti bom dan potasium, yang kini secara sadar tidak lagi menggunakan cara destruktif dan beralih pada metode penangkapan ikan yang ramah lingkungan.

Baca juga : Ganjar Optimalkan Media Mainstream Dan Medsos Untuk Kampanye Pilpres 2024

Seiring perjalanan, program ini dilakukan replikasi pada 2022 melalui pembentukan kelompok baru di Kelurahan Bontang Kuala, dengan nama Karaka yang beranggotakan 14 nelayan.

Lebih lanjut Qomaruzzaman menjelaskan, selain diberdayakan untuk pembuatan dan penurunan media terumbu, kelompok nelayan binaan ini juga melakukan pemantauan tumbuh kembang terumbu, sekaligus melakukan perbaikan jika didapati kerusakan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.