Dark/Light Mode

Bisa Pakai Skema Dual Listing

Bukalapak Dan Tokopedia Cs Didesak Melantai Di Bursa

Selasa, 15 Oktober 2019 08:01 WIB
Bisa Pakai Skema Dual Listing Bukalapak Dan Tokopedia Cs Didesak Melantai Di Bursa

 Sebelumnya 
CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengungkapkan, rencana untuk melantai di bursa saham. Dia menyatakan, perusahaan akan melakukan IPO meskipun belum ada kepastian kapan rencana tersebut direalisasikan.

Dia mengatakan, bila semuanya berjalan sesuai rencana, EBITDA atau laba sebelum bu nga, pajak, depresiasi, dan amortisasi akan positif tahun depan. “Kami berencana untuk pre-IPO dan go public. Sejak hari pertama, kami sudah memikirkan jangka panjang. Kami senang dengan kemajuan kami sejauh ini,” jelas William.

Menurut dia, waktu IPO belum bisa dipastikan lantaran belum ada keperluan untuk mendapatkan pendanaan segera.

Baca juga : Tokopedia Kedatangan 200 Ribu UMKM Baru

Perusahaan masih didukung sejumlah investor besar, seperti Alibaba, Softbank, dan Sequoia Capital. “Semuanya pendukung jangka panjang,” kata dia. Yang jelas, pihaknya akan melakukan IPO di waktu yang tepat baik untuk perusahaan maupun secara market.

Dia menjelaskan, dengan EBITDA positif pendanaan yang diperoleh perusahaan akan dialokasikan untuk berinvestasi pada ekosistem guna mempercepat pencapaian target perusahaan.

CEO sekaligus pendiri Bukalapak Achmad Zaky mengatakan, pihaknya berambisi untuk melantai di bursa saham demi membuktikan bahwa perusahaan yang didirikannya menguntungkan. Baik IPO di dalam maupun luar negeri.

Baca juga : Balai Benih Dukung Kegiatan Ekspor Komoditas Hortikultura

“Kami harus menjadi panutan, kami harus menunjukkan bahwa kami menguntungkan dan dapat menjual saham perdana ke publik (IPO) di suatu tempat misalnya di Singapura, Nasdaq, Australia, atau Indonesia juga,” kata Zaky.

Zaky mengatakan, ketika Bukalapak melantai di bursa, akan berdampak positif bagi para startup Indonesia di mata para investor. Dia menilai, cara itu akan membuat investor mulai percaya pada startup Indonesia ketika sudah bisa membuktikan keuntungan.

“Sangat penting untuk ditunjukkan kepada komunitas investor bahwa Anda seorang investor di perusahaan teknologi di Indonesia, negara berkembang,” ujarnya.

Baca juga : Dipantau Pakai IT, Penyaluran Biodiesel Makin Transparan

Dia mengatakan, kesuksesan Bukalapak bila berhasil melantai di bursa saham bisa menginspirasi para pendiri startup di Indonesia. Jika banyak startup berkelanjutan yang berdiri, maka Zaky mengatakan ekosistem juga akan terus berkembang.

“Mudahan kisah sukses ini dapat menghasilkan lebih banyak investor atau menginspirasi lebih banyak pendiri dan agar tumbuh lebih lagi,” ungkapnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.