Dark/Light Mode

Pulang Kampung Jadi Juragan, PMI Buka Usaha Lewat Warkop Digital

Kamis, 14 Desember 2023 16:24 WIB
Event UMKM Merdeka Export 2023 memiliki tujuan menjembatani PMI untuk bisa belajar dan sinergi dengan UMKM ketika mereka di Malaysia. (Foto: Istimewa)
Event UMKM Merdeka Export 2023 memiliki tujuan menjembatani PMI untuk bisa belajar dan sinergi dengan UMKM ketika mereka di Malaysia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor mendorong pekerja migran Indonesia (PMI) untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship.

Hal ini diungkap Afriansyah saat membuka seminar 'Pulang Kampung Jadi Juragan' di Malaysia.

Seminar ini menjadi salah satu kegiatan menarik setelah acara Business Matching And Entrepreneur Talk di event UMKM Merdeka Export 2023. Acara ini dihadiri oleh puluhan PMI.

Baca juga : Saling Klaim Jadi Juara Debat

Afriansyah berharap, seminar ini bisa menjadi bekal mereka untuk berwirausaha ketika pulang ke Tanah Air.

"Ayo PMI janganlah ragu, berangkatnya legal pulangnya jadi juragan," kata Afriansyah.

Dia mengatakan, nantinya pemerintah akan mengedepankan untuk memberangkatkan pekerja formal ke negeri orang, tak lagi pekerja informal. Pekerja yang dikirim juga kebanyakan berusia muda.

Baca juga : Relawan Ganjar Tambah Nilai Jual Produk UMKM Gresik Lewat Pelatihan Fotografi

"Yang berangkat bukan bapak atau ibunya, tapi yang kami berangkatkan anak-anaknya, yang mempunyai kemampuan di bidangnya," ujarnya.

Inisiator Cybersjob dan Event UMKM Merdeka Export 2023, Dedi Yudianto mengatakan, kegiatan ini memiliki tujuan menjembatani PMI untuk bisa belajar dan sinergi dengan UMKM ketika mereka di Malaysia.

Setelah kontrak kerja selesai, mereka bisa menjadi agen produk di desanya, selain mendorong ekspor produk UMKM dari daerah go global.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.