Dark/Light Mode

Kolaborasi Dengan Kemensos, BNI Gelar Operasi Katarak Di Indonesia Timur

Jumat, 15 Desember 2023 16:27 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini (tengah) meninjau pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak di RS Bhayangkara Kota Jayapura pada Kamis (14/12/2023) didampingi oleh Pimpinan BNI Wilayah Papua serta Direktur RS Bhayangkara Kota Jayapura. (Foto: Dok. BNi)
Menteri Sosial Tri Rismaharini (tengah) meninjau pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak di RS Bhayangkara Kota Jayapura pada Kamis (14/12/2023) didampingi oleh Pimpinan BNI Wilayah Papua serta Direktur RS Bhayangkara Kota Jayapura. (Foto: Dok. BNi)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI didukung oleh Kementerian Sosial RI serta bekerja sama dengan Perdami (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) Cabang Papua, Biddokkes Polda Papua, serta YPP SCTV Indosiar mengadakan Bakti Sosial Operasi Katarak di RS Bhayangkara Kota Jayapura pada 13-15 Desember 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membantu masyarakat mencegah gangguan penglihatan sehingga dapat beraktivitas secara normal.

Bakti Sosial ini melibatkan 8 orang petugas (dokter, perawat) yang turut dalam operasi serta menargetkan 100 mata pasien.

Pasien operasi katarak ini mayoritas termasuk ke dalam kelompok lanjut usia dan tergolong masyarakat kurang mampu.

Baca juga : Gandeng OJK, BNI Perkuat Literasi Keuangan

Menteri Sosial Tri Rismaharini, meninjau pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak di RS Bhayangkara Kota Jayapura pada Kamis (14/12/2023) didampingi oleh Pimpinan BNI Wilayah Papua serta Direktur RS Bhayangkara Kota Jayapura.

Tri Rismaharini yang akrab disapa Risma menyempatkan menyapa para pasien yang sedang menunggu di ruang tunggu.

Pasien operasi katarak sangat mengapresiasi atas adanya kegiatan yang sangat membantu para penderita katarak karena dengan kondisi gangguan penglihatan yang mereka alami membuat produktivitas mereka menurun.

Dengan adanya Bakti Sosial Operasi Katarak ini, diharapakan mampu mencegah penderita katarak dari kebutaan efek penyakit katarak dan dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka ke depannya.

Baca juga : Hilirisasi Digital Jadi Kunci Indonesia Menjadi Negara Maju

Bakti Sosial di RS Bhayangkara Kota Jayapura ini merupakan salah satu Program BNI Berbagi untuk kesehatan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Bakti Sosial Operasi Katarak pada empat lokasi di Indonesia Timur dengan target 450 mata.

Katarak adalah proses degeneratif berupa kekeruhan di lensa bola mata sehingga menyebabkan menurunnya kemampuan penglihatan sampai kebutaan.

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengatakan, upaya pencegahan kebutaan akibat katarak telah menjadi tanggung jawab semua pihak.

Baca juga : Sekjen Kemendes: TEKAD Adopsi Banyak Model Pembangunan Untuk Indonesia Timur

Menurutnya, perseroan berupaya proaktif meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekaligus menurunkan angka kebutaan akibat katarak di Indonesia.

“Kami menyadari bahwa katarak merupakan gangguan mata yang dapat mempengaruhi aktivitas masyarakat. Walau dapat dioperasi, tidak semua orang bisa mendapatkan akses ke fasilitas kesehatan yang baik," ujar Okki dalam keterangannya, Jumat (15/12/2023).

Okki berharap, semoga program kami ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan menjadi percontohan bagi banyak pelaku ekonomi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.