Dark/Light Mode

TMMIN Ramal Ekspor Mobil Toyota Tahun Ini Tembus 300 Ribu Unit

Sabtu, 16 Desember 2023 09:01 WIB
Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto dan Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam. (Foto: Ist)
Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto dan Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memprediksi ekspor merk Toyota pada tahun ini tembus 300 ribu unit. 

“Sampai akhir tahun bisa 300 ribu unit,” ujar Presiden Direktur TMMIN Nandi Julyanto kepada wartawan di Plaza Senayan, Jakarta, Selasa (12/12) lalu.

Menurut dia, peningkatan ekspor itu karena ada pasar negara baru. Misalnya, kata dia, Avanza ke Meksiko dan Zenix ke Amerika Latin.

Baca juga : Naik 6 Kali Lipat, Penjualan Mobil Listrik Toyota Tembus 33.603 Unit

“Ekonominya mirip-mirip Indonesia,” ujarnya.

Nandi mengatakan, di tengah kondisi ekonomi global yang masih diliputi ketidakpastian, kinerja ekspor industri otomotif menjadi salah satu pilar kuat yang dapat menopang performa neraca dagang positif bagi Indonesia.

Pada tahun depan, Toyota  juga akan terus menambah pasar baru. Untuk negaranya, pihaknya masih mempelajarinya.

Baca juga : Laris Di Pasar Global, Produksi Mobil Listrik Wuling Tembus 1 Juta Unit

“Kami masih pelajari dengan Kedubes-Kedubes melihat portensi pasar. Kami terbantu kedubes,” kata Wakil Direktur TMMIN Bob Azam.

Selain itu, kata Bob, sebelum menambah pasar baru, pihaknya melihat juga jalur logistik ke negara tujuan ekspor.

Per Oktober 2023 Toyota telah mengekspor 245.000 unit mobil dari Indonesia atau naik 2,4 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 239.000 unit. Raize, Veloz, dan Fortuner menjadi tiga model kontributor ekspor terbesar dari Toyota.

Baca juga : Pesta Rakyat Ganjar Pranowo Di Kota Padang Diserbu Ribuan Warga

Toyota juga telah berekspansi dengan memulai ekspor kendaraan elektrifikasi pada 2023 yakni Kijang Innova Zenix Hybrid dan Yaris Cross Hybrid. Kedua model ini menggunakan baterai yang dirakit secara lokal.

Sementara, merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ekspor mobil secara utuh atau completely built up (CBU) tercatat sebanyak 468.595 unit pada Januari-November 2023. Angka ini tumbuh 10,62 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni 423.606 unit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.