Dark/Light Mode

Raih Peluang Go Global, Ratusan UMKM Ikuti Webinar Nasional Rumah BUMN Pertamina

Sabtu, 16 Desember 2023 15:02 WIB
PT Pertamina (Persero) menggelar webinar nasional UMKM Rumah BUMN bertajuk “Bisnis Kreatif Peluang Pasar Global” pada Jumat (15/12).
PT Pertamina (Persero) menggelar webinar nasional UMKM Rumah BUMN bertajuk “Bisnis Kreatif Peluang Pasar Global” pada Jumat (15/12).

 Sebelumnya 
Di Rumah BUMN, pelaku usaha memiliki kesempatan untuk belajar dan berbagi informasi serta pengalaman dengan narasumber, yang mencakup aspek legalitas, perijinan, teknologi, keuangan, hingga pemasaran.

Dukungan bukan hanya mencakup aspek teknis bisnis, tetapi juga membentuk fondasi yang kokoh dalam mewujudkan keberlanjutan ekonomi.

Baca juga : Erick: Yang Protes Hilirisasi, Nasionalismenya Perlu Dipertanyakan

Iwan Pramana menjelaskan, menjadi pengusaha kreatif tidaklah sulit, cukup mempunyai motivasi yang kuat, mempunyai keahlian dibidangnya, dan mempunyai kemampuan berpikir kreatif.

“Salah satu cara untuk menjadikan kita berfikir kreatif adalah menggunakan SCAMPER, yakni metode kreatif yang dijalankan dengan bertanya sesuai dengan huruf-huruf penyusunnya. Subtitute, combine, adapt, modify, put to another use, eliminate dan rearrange,” ujarnya.

Baca juga : DPR Apresiasi Kinerja Dan Kesiapan Nataru Pertamina

Sejalan dengan pengalaman dari Amelia Agustin, pemilik Indang Apang Gallery, sejak awal dirinya mengutamakan kreatifitas dan inovasi, dengan menjadikan rotan sebagai identitas produknya.

Usaha tidak menghianati hasil, usaha yang dijalankan Amelia dengan penuh kecintaan dan ketulusan mengantarkan tas dan kerajinan rotan miliknya tidak hanya diminati oleh konsumen dalam negeri saja, tapi juga menembus pasar Chili dan Jepang.

Baca juga : Arah Percaturan Geopolitik Global Dalam Ketahanan Kepemimpinan Nasional Indonesia

“Ketika memulai sebuah bisnis, pastikan agar kita memberikan yang terbaik. Jangan takut untuk membuat sebuah terobosan, seiring berjalan nya waktu maka ide-ide baru akan muncul untuk menopang bisnis kita makin berkembang, dan merambah ke pasar global,” ungkap Amelia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.