Dark/Light Mode

BSI Maslahat Gandeng KUA Menteng Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas UMKM

Senin, 18 Desember 2023 21:16 WIB
BSI Maslahat berkolaborasi dengan KUA Menteng, menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Pendamping UMKM bagi para Penyuluh KUA. (Foto: Dok. BSI Maslahat)
BSI Maslahat berkolaborasi dengan KUA Menteng, menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Pendamping UMKM bagi para Penyuluh KUA. (Foto: Dok. BSI Maslahat)

RM.id  Rakyat Merdeka - BSI Maslahat berkolaborasi dengan KUA Menteng, menggelar Workshop Peningkatan Kapasitas Pendamping UMKM bagi para Penyuluh Kantor Urusan Agama (KUA), dalam upaya pemberdayaan ekonomi umat yang diinisiasi oleh Kementerian Agama.

Direktur Care Program BSI Maslahat Ilham Syahputra mengatakan, KUA Menteng merupakan salah satu KUA yang ditunjuk oleh Kementerian Agama untuk berkolaborasi dengan BSI Maslahat dalam program pemberdayaan ekonomi umat.

“Sebagai tahap awal, kami menyelenggarakan workshop ini untuk meningkatkan kapasitas pendamping UMKM di KUA Menteng," jelasnya, Senin (18/12/2023).

Baca juga : Pena Mas Ganjar Dorong Anak Muda Jepara Manfaatkan Teknologi Kembangkan UMKM

Ilham menjelaskan program-progam karitas, ZIS, serta penghargaan-penghargaan yang telah BSI Maslahat raih agar para peserta lebih mengenal lembaga.

Tujuan workshop ini antara lain untuk meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam melakukan pendampingan UMKM secara efektif.

Materi workshop mencakup berbagai topik terkait kewirausahaan, manajemen dan pendampingan UMKM.

Baca juga : BNI Kejuarnas Perorangan, Ajang Meniti Karier Pebulutangkis Muda

Seperti filosofi pemberdayaan, model bisnis canvas, manajemen pemasaran UMKM, budgeting UMKM, hingga teknis pendampingan dan pelaporan.

“Dengan demikian diharapkan para penyuluh KUA Menteng dapat menjadi pendamping UMKM yang andal di lingkungan mereka masing-masing,” kata Ilham.

Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pendamping UMKM di KUA Menteng sehingga dapat mendampingi UMKM secara lebih efektif.

Baca juga : Tim Pengabdian Masyarakat FIA UI Gandeng Jawara Depok Gelar Pelatihan Pajak UMKM

Sementara itu, Kepala KUA Menteng Thowilan menyampaikan apresiasinya kepada BSI Maslahat atas terselenggaranya workshop ini.

"Kami sangat mengapresiasi BSI Maslahat yang telah menyelenggarakan workshop ini. Workshop ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai penyuluh KUA Menteng," ujarnya.

Sebagai langkah awal telah disepakati untuk menyelenggarakan pelatihan bagi para penyuluh KUA Menteng agar memiliki kapasitas sebagai pendamping UMKM.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.