Dark/Light Mode

Hadapi Tantangan Tahun Politik, PT Cemindo Gemilang Kedepankan Solusi Inovatif

Kamis, 21 Desember 2023 23:36 WIB
Kiri-Kanan: Poltak Hotradero, Pengamat Ekonomi dan Surindro Kalbu Adi, Direktur Komersial PT Cemindo Gemilang Tbk CMNT. (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)
Kiri-Kanan: Poltak Hotradero, Pengamat Ekonomi dan Surindro Kalbu Adi, Direktur Komersial PT Cemindo Gemilang Tbk CMNT. (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Cemindo Gemilang Tbk, produsen Semen Merah Putih, mengungkap rencana bisnis untuk menghadapi beragam tantangan di tahun politik 2024 mendatang.

Mereka meyakini tingkat produktivitas product bakal konsisten bertahan di level dua persen dengan cara mengedepankan solusi inovatif.

Commercial and Logistics Director Semen Merah Putih, Surindro Kalbu Adi, mengatakan keoptimisan itu sejalan dengan tekad pemerintah akan terus menggenjot proses pembangunan infrastruktur tahun depan.

Mulai dari pembangunan perumahan, jalan tol, sampai proyek Ibu Kota Negara (IKN). Keyakinan ini juga didorong adanya kebijakan PPN DTP (Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah) yang pastinya akan menambah akselerasi konsumsi semen di dalam negeri.

“Makanya, keberlanjutan inovasi di setiap aspek proses operasional akan terus dilakukan mulai dari produk, brand, logistik, distribusi dan digitalisasi layanan,” kata Surindro Kalbu Adi dalam konferensi pers, di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Baca juga : Tahun Politik, MUI: Hati-hati Bercanda Gunakan Diksi Agama

Dia menegaskan, komitmen ini merupakan bentuk dukungan pihaknya kepada pemerintah dalam mempercepat proses pembangunan infrastruktur yang memiliki peran penting menghubungkan wilayah dan menjadi katalisator terciptanya kawasan baru.

Termasuk dalam project pembangunan kawasan administratif IKN, kawasan industri, kawasan pemukiman (program 1 juta rumah) dan kawasan ekonomi lain.

“Oleh sebab itu, di tahun 2024 nanti, kami yakin lewat berbagai inovasi nyata yang sudah dan akan kami lakukan, semen merah putih akan bertumbuh 2 kali dari pertumbuhan pasar,” ujarnya.

Dia juga meyakini, setelah diluncurkan tahun ini, Semen Merah Putih Watershield akan menjadi produk unggulan untuk mendobrak dominasi dan stagnasi pasar di segmen semen premium.

Sebab, semen dengan kualitas tersebut hingga saat ini masih menjadi satu-satunya produk di Indonesia yang menggunakan teknologi water repellent.

Baca juga : 66 Tahun Pertamina Membangun Ketahanan Energi Dan Ekonomi RI

“Semen ini memiliki nilai tambah perlindungan terhadap rembesan air dan lembab pada bangunan. Jadi, produk ini bukan cuma akan siap mensupport pembangunan IKN saja, tapi juga produk turunan lain seperti beton,” bebernya.

“Kehadiran produk ini juga selaras dengan program pemerintah dalam konsep pembangunan berkelanjutan di IKN. Yaitu mengurangi emisi karbon dalam produk semen yang ditawarkan,” imbuhnya.

Di tempat sama, Pengamat Ekonomi, Poltak Hotradero, menyampaikan bahwa dalam konteks dinamika global, industri semen dan konstruksi menemui peluang pertumbuhan yang signifikan.

Hal ini dipicu dengan menurunnya tingkat inflasi yang terjadi secara global di tahun 2023, dan akan berlanjut di 2024 mendatang.

“Di tahun politik nanti, inovasi menjadi kunci untuk membuka peluang di industri konstruksi dan infrastruktur. Bagi pelaku industri, kami sangat mendorong untuk secara cermat mengeksplorasi potensi ekspansi, baik di dalam negeri maupun melalui kerjasama internasional,” tutur Poltak.

Baca juga : Jangan Terus Bicara Politik, Ibnu Riza: Gen Z Harus Bersatu Dan Kreatif

Dia menambahkan perlunya upaya lebih untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan kontribusi positif terhadap ekonomi nasional secara keseluruhan dari industri ini dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) juga menjadi salah satu inovasi strategis yang memungkinkan industri ini terus berkembang dan mengatasi potensi stagnasi.

Strategi lain adalah menekan ongkos produksi melalui pemanfaatan sumber energi alternatif yang juga lebih ramah lingkungan.

'Dengan adanya potensi pemangkasan suku bunga di 2024 serta kelanjutan pembangunan infrastruktur diharapkan dapat meningkatkan penjualan semen di Indonesia,” tutur Poltak.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.