Dark/Light Mode

Kantongi 330 Minat Investor

Realisasi Investasi IKN Tembus Rp 41,4 Triliun

Jumat, 22 Desember 2023 07:10 WIB
Kepala OIKN (Otorita Ibu Kota Nusantara) Bambang Susantono. (ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Muchlis Jr./aa)
Kepala OIKN (Otorita Ibu Kota Nusantara) Bambang Susantono. (ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Muchlis Jr./aa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah telah mengantongi komitmen realisasi investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebesar Rp 41,4 triliun, pada tahun ini. Capaian ini dianggap sinyal positif untuk mendukung keberlanjutan proyek tersebut.

Komitmen investasi itu berasal dari tiga rangkaian peletakan batu pertama (groundbreaking) tahap I hingga tahap III.

Kepala OIKN (Otorita Ibu Kota Nusantara) Bambang Susantono mengatakan, jumlah investasi tersebut menandakan kepercayaan investor kian kokoh terhadap pros­pek pembangunan IKN.

Baca juga : November 2023, Generali Indonesia Raih Jumlah Klaim Hingga Rp 1 Triliun

“Ini mencerminkan optimisme pembangunan IKN berjalan se­suai rencana. IKN tidak hanya sekadar kota baru, melainkan simbol transformasi Indonesia menuju peradaban baru dan berkelanjutan,” kata Bambang, dalam keterangan yang diterima Rakyat Merdeka di Jakarta, Kamis (21/12/2023)

Dengan groundbreaking tahap III, Otorita IKN semakin opti­mistis dengan komitmen inves­tor. Capaian ini menjadi pijakan kokoh agar pembangunan IKN terus berjalan sesuai rencana.

Bambang yakin, momentum ini akan mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi na­sional, serta membuka peluang kerja luas bagi masyarakat.

Baca juga : Setoran Dividen BUMN Ke Kantong Negara Tembus Rp 81 Triliun

OIKN telah mengantongi 330 Letter of Intention (LoI) atau surat peminatan investasi dengan sekitar 55 persen merupakan investor domestik yang fokus da­lam pembangunan sektor sumbu kebangsaan. Sedangkan untuk in­vestasi asing, tercatat Singapura, Jepang, China, dan Malaysia menjadi 4 negara terbanyak yang mengirimkan LoI.

LoItersebut terdiri dari 187 LoIasal Indonesia, Singapura 28, Jepang 25, China 21, Ma­laysia 20, Korea selatan 101, Amerika Serikat 7, Spanyol 4, Finlandia 3 dan lainnya sebanyak 24 LoI.

Nilai investasi IKN dalam groundbreaking tahap I pada 21-22 September 2023 sebesar Rp 23 triliun. Investasi itu berasal dari 10 perusahaan dalam konsorium Nusantara yang meli­puti Agung Sedayu Group (Lead Konsorsium), Salim Group, Sinar Mas, Pulau Intan, Djarum, BCAGroup, Wings Group, Ada­ro Group, Barito Pacific, Mulia Group dan Astra Group.

Baca juga : Terkesan Penurunan Deforestasi Indonesia, Norwegia Beri Rp 1,5 Triliun Ke KLHK

Kemudian, groundbreaking Tahap II pada 1-2 November 2023, dengan nilai investasi Rp 13,1 triliun. Groundbreaking tahap ini dilakukan oleh Kemen­terian Perhubungan, Mayapada Hospital, Pakuwon Group, JIS, Hermina, Bank Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan dan PLN In­donesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.