Dark/Light Mode

Kolaborasi Otorita IKN-PT Tirta Investama Jadikan Nusantara sebagai Kota Hijau

Jumat, 22 Desember 2023 22:26 WIB
Presiden Jokowi menyapa Direksi PT Tirta Investama Vera Galuh Sugijanto (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi menyapa Direksi PT Tirta Investama Vera Galuh Sugijanto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka mendukung pemerintah untuk mengimplementasikan strategi Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai Net Zero City pada 2045, PT Tirta Investama mendukung reforestasi dengan pembangunan Miniatur Hutan Hujan Tropis pada lahan seluas 96 hektare di IKN Nusantara.

Pembangunan ini bekerja sama dengan Universitas Mulawarman yang didukung PT Indo Tambangraya Megah dan PT Multi Harapan Utama. Juga akan dibangun fasilitas pengelolaan sampah TPS3R Sampahku Tanggung Jawabku (Samtaku) untuk mendukung kelestarian alam di kawasan ini.

Inisiatif ini ditandai dengan penanaman pohon bersama yang dilakukan Presiden Jokowi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Mensesneg Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia Hadi Tjahjanto, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Kurator Infrastruktur IKN Ridwan Kamil, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, bersama dengan Direksi PT Tirta Investama Vera Galuh Sugijanto.

PT Tirta Investama sebagai salah satu mitra strategis pemerintah dalam upaya memecahkan tantangan perubahan iklim melalui berbagai inisiatif konservasi alam, penanggulangan sampah, memiliki kesamaan visi untuk menjaga keberlanjutan alam. Sejumlah upaya yang dilakukan PT Tirta Investama dalam mendukung Otorita IKN untuk mewujudkan Nusantara sebagai Net Zero City di tahun 2045, sejalan dengan strategi yang tertuang dalam Regionally and Locally Determined Contributions (RLDC), khususnya pilar Forestry and Other Land Uses (FOLU) dan Waste Management. Miniatur Hutan Hujan Tropis Nusantara (MHHT) hasil kolaborasi Otorita IKN, PT Tirta Investama, dan para mitra ini terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP).

Baca juga : Kolaborasi PLN Icon Plus-PT Danareksa, Hadirkan Solusi Digital dan Energi Bersih

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, dari 256 ribu hektar area yang akan dibangun untuk IKN, sebetulnya hanya 25 persen atau sekitar 160 ribu hektar yang akan kita bangun menjadi kota. Sisanya 65 persen adalah hutan hujan tropis, yang merupakan kombinasi dari kota yang inklusif, hijau, dengan ketahanan atau resilience yang tinggi.

"Pembangunan IKN kali ini dilakukan dengan perencanaan dan konsep yang matang untuk reforestasi atau pengembalian fungsi hutan. Pembangunan ini akan selaras dengan pembangunan kota hijau sebagai bagian dari visi Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Kolaborasi antara Otorita IKN dan PT Tirta Investama diharapkan tidak hanya menjadikan Nusantara sebagai kota hijau, namun juga sebagai kota model untuk masa depan yang berkelanjutan. PT Tirta Investama percaya bahwa dengan visi bersama, Indonesia dapat menjaga keberlanjutan lingkungan sambil memastikan kesejahteraan masyarakat. Hal ini sejalan dengan peta jalan perusahaan untuk dapat menghadirkan dampak positif melalui tiga pilar, yaitu kesehatan, lingkungan, karyawan, dan masyarakat.

Vera Galuh Sugijanto mengatakan, keterlibatan PT Tirta Investama dalam melakukan upaya reforestasi, menjadikannya sebagai perusahaan FMCG pertama dan satu-satunya yang turut aktif dalam merealisasikan ambisi Net Zero City Nusantara 2045. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk mencapai target nol emisi karbon pada 2060.

Baca juga : Persib U-17 Pertahankan Gelar Juara Nusantara Open, Dapat Hadiah Rp 1 M

"Ini sejalan dengan strategi keberlanjutan perusahaan, yang kami berkomitmen untuk menghadirkan kesehatan melalui produk berkualitas sekaligus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan,” jelas Vera.

Pada 2024, pembangunan Nusantara bertujuan untuk menjadi kota yang bersih, berketahanan iklim, berkelanjutan, dan layak huni. Nusantara akan selaras dengan upaya Indonesia untuk memitigasi dan beradaptasi dengan perubahan iklim sebagaimana tercantum dalam Kontribusi Nasional yang Ditetapkan Secara Nasional yang ditingkatkan di bawah Perjanjian Paris.

Saat ini, tutupan lahan KIPP didominasi Eucalyptus pelita sebagai komoditas utama hutan tanaman industri yang ditebang tiap 6-7 tahun dan menjadikannya hutan homogen dengan keragaman hayati rendah. Melalui pengembangan MHHT Nusantara, akan dikembangkan metode silvikultur atau bentuk manajemen hutan yang berfokus pada pengelolaan pertumbuhan dan produksi hutan dengan pendekatan ilmiah sehingga dapat membentuk hutan alam bertipe hutan hujan tropis.

Silvikultur melibatkan serangkaian tindakan yang direncanakan dan diorganisir untuk memanfaatkan hutan secara berkelanjutan, termasuk pemilihan, penanaman, perawatan, dan regenerasi pohon. Kawasan MHHT nantinya akan memiliki 109 spesies pohon khas ekosistem hutan hujan tropis dengan keragaman hayati yang tinggi.

Baca juga : Kolaborasi Astra Land Indonesia dan BSDE Lahirkan Township Baru di Cibubur

Selain itu, kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas edukasi dengan mengusung konsep edu-ekowisata melalui rumah galeri yaitu sebuah fasilitas edukasi utama kawasan MHHT Nusantara yang berisi informasi jenis pohon yang ditanam, pola tanam serta produk olahannya; area persemaian yang merupakan tempat dimana dilakukan pembibitan sebelum dipindahkan ke lahan tanam, serta area adopsi pohon serta camping ground.

PT Tirta Investama percaya bahwa menghadirkan kesehatan melalui makanan dan minuman hanya dapat dilakukan dengan menciptakan planet yang sehat. Komitmen tersebut, diwujudkan melalui aksi nyata dengan turut berkontribusi mengimplementasikan strategi pemerintah mengantarkan Nusantara kepada predikat kota hijau yang berkelanjutan, melalui kolaborasi dengan Otorita IKN, Universitas Mulawarman serta dua mitra swasta lainnya dalam melakukan pengembangan Miniatur Hutan Hujan Tropis di Nusantara.

"Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat mempercepat terjadinya suksesi alami yang akan membentuk ekosistem dengan keragaman hayati tinggi, untuk kemudian menjadi model hutan hujan tropis yang dapat direplikasi secara luas di wilayah IKN,” tutup Vera.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.