Dark/Light Mode

Trafik Penumpang Melonjak Drastis

Awas, Potensi Kecelakaan Naik Selama Libur Nataru

Kamis, 28 Desember 2023 07:20 WIB
Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi In­donesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi In­donesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Selain itu ada dua potensi yang tidak terpisahkan, yaitu kecelakaan karena wisata dan melewati pelintasan.

Bahkan, imbuhnya, masyarakat juga perlu mempertimbangkan musim hujan sebagai faktor lain yang memicu peningkatan potensi kemacetan dan kecelakaan.

“Termasuk risiko ketika mele­wati pelintasan sebidang antara jalan rel dengan jalan raya,” warning Djoko, yang juga Akademisi Prodi (Program Studi) Teknik Sipil Unika Soegijapranata.

Untuk itu, saran Djoko, se­mua faktor yang ada, harus benar-benar diperhatikan agar selama perjalanan bisa selamat dan aman.

Baca juga : Garuda Angkut 71 Ribu Penumpang Pada Puncak Arus Keberangkatan Libur Nataru

Kenaikan jumlah penumpang salah satunya terlihat pada peng­guna kereta api. Vice President (VP) Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Joni Martinus mengatakan, volume penumpang kereta api pada libur Natal 2023 saja, naik signifikan dibandingkan libur Natal tahun 2022.

Pada periode 22-25 Desember 2023, ada sebanyak 854.974 penumpang KA Jarak Jauh (JJ) dan Lokal.

“Jumlah itu naik 42 persen dibanding periode yang sama ta­hun 2022, sebanyak 600.797 penumpang,” beber Joni melalui siaran pers, Selasa (26/12/2023).

Menurut Joni, kenaikan terse­but salah satunya dipengaruhi oleh kondisi pandemi yang semakin membaik. Sehingga minat pelanggan juga semakin tinggi menggunakan layanan kereta api. Terlebih pihaknya melaku­kan sejumlah peremajaan sarana dan penambahan kereta baru.

Baca juga : Cara Igbonefo Jaga Fisik Selama Liburan

Ia bilang, puncak arus balik periode Natal 2023 terjadi pada Selasa (26/12) sebanyak 188.667 tiket telah terjual, dengan oku­pansi 112 persen dari tempat duduk yang disediakan.

Angka 112 persen ini merupakan penumpang dinamis yang turun naik antara stasiun awal dengan stasiun tujuan akhir.

“Karena pada 26 Desember 2023, kami menyediakan se­banyak total 168.854 tempat duduk,” jelasnya.

Sementara untuk arus mudik libur Tahun Baru 2024, yakni pada tanggal 29 hingga 30 Desember 2023, KAI mencatat sebanyak 248.494 tiket telah terjual. Dengan okupansi mencapai 73 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 339.188 tempat duduk.

Baca juga : Usut Tuntas, Cegah Kasus Kecelakaan Kerja Terulang

“Kami berkomitmen, keselamatan merupakan fokus utama selama periode Nataru,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.