Dark/Light Mode

Garuda Angkut 71 Ribu Penumpang Pada Puncak Arus Keberangkatan Libur Nataru

Rabu, 27 Desember 2023 21:43 WIB
Maskapai Garuda. (Foto: Ist)
Maskapai Garuda. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Garuda Indonesia Group dan Citilink mengangkut 71.678 orang penumpang pada puncak penerbangan periode peak season libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang jatuh pada Jumat (22/12) lalu.

Dari total tersebut, Garuda mengangkut 33.961 orang penumpangem. Sementara Citilink mengangkut sedikitnya 37.717 orang penumpang dengan total sebanyak 492 penerbangan. Jumlah penerbangan itu sudah termasuk 55 extra flight.

Adapun khusus keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta pada puncak peak season Nataru yang jatuh pada Jumat (22/12) lalu, Garuda Indonesia Group mencatatkan sedikitnya 28 ribu penumpang, terdiri dari 15 ribuan penumpang Garuda dan sekitar 13 ribuan penumpang Citilink. Total frekuensi penerbangan kedua maskapai yang mencapai sedikitnya 156 penerbangan.

Baca juga : Lonjakan Pergerakan Masyarakat di Puncak Pertama Libur Nataru Masih Terkendali

Adapun hingga hari ini, Rabu (27/12) Garuda Indonesia Group memproyeksikan jumlah angkutan penumpang sedikitnya 666.197 orang. Garuda  mencatatkan jumlah penumpang sebanyak 273.163 orang yang dilayani dengan total 1734 penerbangan. Sementara itu Citilink mencatatkan jumlah penumpang sebanyak 393.034 orang penumpang.

Direktur Utama Garuda, Irfan Setiaputra mengungkapkan, pihaknya terus mengoptimalkan aksesibiltas layanan penerbangannya, baik dari aspek ketersediaan kapasitas penerbangan maupun layanan penumpang, untuk memfasilitasi kebutuhan perjalanan para pengguna jasa selama periode liburan Nataru tahun 2023.

Irfan menjelaskan, lonjakan arus wisatawan pada liburan Nataru 2023 kali ini terlihat dari pertumbuhan proyeksi penumpang pada puncak peak season yang meningkat hingga mencapai 20 persen dibandingkan pada puncak peak season Nataru tahun lalu yang tercatat sekitar 60 ribuan penumpang. “Hingga hari ini, kami melihat pergerakan penumpang masih terus bergerak dinamis selaras dengan antusiasme masyarakat yang ingin melakukan perjalanan liburan akhir 2023,” ujarnya.

Baca juga : ESDM Dan Pertamina Pastikan Stok BBM Cs Aman Saat Libur Nataru

Di sisi yang lain, rute-rute penerbangan domestik yang menjadi rute favorit masyarakat untuk Garuda adalah Jakarta-Denpasar pp, Jakarta-Surabaya pp, dan Jakarta-Medan pp. Sementara rute favorit penerbangan internasional adalah  Jakarta-Singapura pp. Citilink juga turut mencatatkan sejumlah rute dengan frekuensi penerbangan terbanyak, di antaranya adalah Jakarta-Medan pp, Jakarta-Batam pp dan Jakarta-Denpasar pp.

Lebih lanjut, kata dia, dalam momentum liburan Nataru tahun ini, puncak arus balik diproyeksikan akan jatuh pada hari Selasa, 2 Januari 2024. Adapun total penumpang yang diproyeksikan akan diangkut oleh Garuda Indonesia Group sepanjang periode peak season Nataru 2023/2024 dari 18 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024 sedikitnya 1.286.310 penumpang.

“Jumlah ini kami proyeksikan masih akan terus bertumbuh dengan melihat preferensi untuk merencanakan perjalanan arus balik jelang periode peak season yang akan berakhir pada 8 Januari 2024 mendatang”, jelas Irfan.

Baca juga : BNPT Bakal Asesmen Ruang Publik Untuk Pastikan Keamanan Nataru

Irfan menambahkan, sejalan dengan pertumbuhan penumpang yang terus bergerak dinamis, fokus Garuda adalah bagaimana dapat terus berupaya memastikan kelancaran operasional penerbangan selama periode liburan Nataru 2023 ini. Salah satunya dengan berkoordinasi secara intensif dengan stakeholders kebandaraan untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan di seluruh touch point layanan penumpang.

“Kami memahami bahwa momentum liburan akhir tahun kali ini lebih dari sebatas momentum untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga dan orang terdekat, tetapi juga diharapkan akan dapat membantu akselerasi pemulihan pariwisata nasional khususnya di destinasi-destinasi yang dilayani oleh Garuda Indonesia, yang kami yakini juga akan memberikan dampak positif untuk masyarakat setempat,” tambah Irfan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.