Dark/Light Mode

Tokopedia Catat Kenaikan Transaksi Hampir 1,5 Kali Lipat Sepanjang 2023

Kamis, 28 Desember 2023 14:57 WIB
Tokopedia mencatat kenaikan tertinggi jumlah penjual dan transaksi dengan rata-rata hampir 1,5 kali lipat di sepanjang tahun 2023 data Januari-September 2023. (Foto: Ilustrasi Tokopedia)
Tokopedia mencatat kenaikan tertinggi jumlah penjual dan transaksi dengan rata-rata hampir 1,5 kali lipat di sepanjang tahun 2023 data Januari-September 2023. (Foto: Ilustrasi Tokopedia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokopedia mencatat kenaikan tertinggi jumlah penjual dan transaksi dengan rata-rata hampir 1,5 kali lipat di sepanjang tahun 2023 (data Januari-September 2023) dibandingkan Januari-September 2022.

Kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat lewat Tokopedia, yaitu Rumah Tangga dan Groceries, yang mencakup Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh.

Hal itu sesuai berdasarkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), sebuah laporan menyatakan bahwa pengguna e-commerce di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 179 juta dan pada tahun 2023 diprediksi mencapai 196 juta.

Bank Indonesia (BI) juga memprediksi, nilai transaksi e-commerce Indonesia hingga akhir tahun 2023 bisa mencapai Rp 572 triliun.

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan mengatakan, jumlah penjual dan transaksi di Tokopedia di berbagai wilayah di Indonesia juga ikut meningkat. Sampang (Jawa Timur), Barito Kuala (Kalimantan Selatan) dan Tanggamus (Lampung).

“Jumlah tersebut mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (28/12/2023).

Baca juga : Redam Kenaikan Harga, Ingrid Inisiasi Gerakan Budidaya Cabe Di Rumah Warga

Beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, antara lain Maluku Barat Daya (Maluku), Yahukimo (Papua) dan Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

“Tokopedia juga mencatat pengiriman terjauh pada 2023 terjadi dari Banda Aceh ke Merauke untuk produk jersey dan celana sepeda,” ujarnya.

Pada kategori produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh, beberapa produk terlaris di Tokopedia atau yang mengalami peningkatan tertinggi transaksi, yaitu parfum dan cologne, essential oil dan minyak pijat, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2 kali lipat.

Aditia menuturkan, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh lewat Tokopedia Beauty dengan flash sale mulai Rp 10.000.

Selain itu, pada kategori produk Rumah Tangga, beberapa produk terlaris di Tokopedia atau yang mengalami peningkatan tertinggi transaksi, antara lain alat kebersihan, pengharum ruangan dan perlengkapan pesta, dengan rata-rata kenaikan 2,5 kali lipat.

“Tokopedia menghadirkan Home Living Inspiration untuk mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai produk rumah tangga dengan flash sale hingga 90 persen,” tambah Aditia.

Baca juga : Bank Mega Syariah Dongrak Transaksi Retail Lewat Syariah Card

Di kategori produk Makanan dan Minuman, air mineral, seafood dan beras menjadi beberapa produk terlaris di Tokopedia atau mengalami kenaikan tertinggi transaksi, dengan rata-rata peningkatan lebih dari tiga kali lipat.

Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman di Tokopedia, kami terus menghadirkan Tokopedia NYAM! dengan flash sale mulai Rp 10.000.

“Temuan menarik lain adalah sepanjang tahun 2023 ada peningkatan transaksi hampers sebesar lebih dari 9 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2022,” jelasnya.

Menurut Adita, hal tersebut memperlihatkan makin tingginya antusiasme masyarakat untuk saling berbagi atau berkirim hadiah dalam bentuk hampers, yang dengan sangat mudah dan terjangkau bisa didapatkan melalui Tokopedia.

Tokopedia juga melihat peningkatan yang signifikan pada transaksi produk digital di Tokopedia sepanjang tahun 2023.

Beberapa produk seperti pajak daerah, e-invoicing dan internet dan TV mengalami rata-rata kenaikan lebih dari tujuh kali lipat.

Baca juga : Mensos Risma Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Di Kabupaten Ketapang

Untuk mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, sepanjang tahun 2023 Tokopedia telah meluncurkan berbagai fitur yang dapat membuat belanja online makin hemat waktu dan hemat biaya.

Salah satu fitur yang diluncurkan adalah ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’ yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih hemat dari sisi waktu maupun ongkir.

Aditia menegaskan, Tokopedia senantiasa berusaha menjadi platform yang inklusif. Kami terus meningkatkan aksesibilitas platform Tokopedia untuk difabel termasuk penyandang buta warna.

Mengingat Tokopedia saat ini bisa diakses oleh masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia, yang berasal dari berbagai latar belakang termasuk penyandang buta warna.

“Kami berharap dapat merangkul sebanyak-banyaknya masyarakat dengan mengakomodasi kebutuhan yang beragam,” pungkas Aditia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.